Rusak Berat, Jalan Simpang Tiga Rancagawe Lebak Rawan Kecelakaan

  • Whatsapp
Truk tanah over tonase kerap melintas di jalan Simpang Tiga Rancagawe, Kabupaten Lebak.
Truk tanah over tonase kerap melintas di jalan Simpang Tiga Rancagawe, Kabupaten Lebak.

KABUPATEN LEBAK,REDAKSI24.COM—Kondisi jalan simpang tiga Rancagawe, tepatnya di Kampung Babakan Kalapa, Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak rusak berat sehingga rawan akan terjadinya kecelakaan.

Berdasarkan pantauan di lokasi, kondisi jalan yang merupakan jalan kabupaten ini kondisinya sangat memperihatinkan dengan terdapat beberapa lubang besar pada bagian jalannya. Padahal, jalan simpang tiga Rancagawe tersebut, merupakan jalan aktif yang sering dilalui oleh para wisatawan yang hendak berwisata di kawasan Suku Adat Baduy, Ciboleger.

Bacaan Lainnya

Erik Pratama, warga Desa Aweh mengatakan, rusaknya jalan tersebut disebabkan oleh truk overtonase bermuatan pasir basah yang setiap harinya hilir mudik melintas di Simpang Tiga Rancagawe. Menurutnya, jalan Simpang Tiga Rancagawe merupakan jalan utama yang setiap harinya dilintasi ratusan truk muatan pasir basah yang berasal dari lokasi tambang pasir di Kecamatan Kalanganyar dan Kecamatan Cimarga.

“Jalan Simpang ini sudah beberapa kali diperbaiki namun tambah parah rusaknya. Karena terus-terusan dilintasi truk muatan pasir basah yang overtonase,”kata Erik Pratama warga Desa Aweh kepada Redaksi24.com Selasa (28/4/2020).

BACA JUGA:

39 Warga Lebak Dalam Status OTG Covid-19

Meski Sudah Ditegor DLH, Pembangunan Drainase Perum Ares Residence Lebak Tetap Asal

Dikatakan Erik, Jalan Simpang Tiga Rancagawe statusnya merupakan jalan Kabupaten yang diketahui daya tahan kekuatannya hanya untuk muatan kendaraan berbobot 8 ton saja

“Tapi yang melintas ini lebih dari itu. Untuk truk pasir saja kalau muat basah itu beratnya bisa mencapai 40 ton, ya pantas saja mudah rusak karena memang overtonase,”katanya.

Didin, warga lainnya mengatakan, kondisi jalan rusak menyebabkan pengendara kesulitan saat akan melintasinya, bahkan rawan akan terjadinya kecelakaan

“Kondisi jalan yang rusak itu jadi rawan akan terjadinya kecelakaan, apalagi kalau habis hujan, jalan jadi licin, dan lubangnya pun tertutup oleh air,”katanya

Dirinya berharap, kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Lebak secepatnya melaksanakan perbaikan. Serta meminta kepada Dinas Perhubungan dan Juga Satpol PP Lebak menertibkan truk yang melanggar aturan.

“Truk muatan pasir basah dan overtonase ini kan melanggar aturan. Untuk itu harus ada tindakan tegas dari pihak terkait, kalau tidak nanti sekalipun jalan diperbaiki maka akan mudah rusak lagi,”katanya. (Yusuf/Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.