Rumah Warga Miskin Pandeglang Mulai Ditempeli Stiker

oleh -
Dinsos Pandeglang nuriah

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pandeglang,  Banten, berencana akan memberikan tanda bagi rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dengan stiker. Pemberian stiker ‘miskin’ itu akan dilakukan mulai Februari 2020.

Kepala Dinsos Kabupaten Pandeglang, Nuriah mengakui pada Februari nanti, pihaknya akan memberikan tanda stiker di setiap rumah warga KPM PKH, maupun program sosial lainnya. Hal itu dilakukan agar program sosial benar-benar tepat sasaran.

“Kami sudah mulai siapkan contoh stikernya, nanti Februari kami mulai eksen,” ungkap Nuriah, saat ditemui di Gedung Setda Pandeglang, Senin (20/1/2020).

Lanjut Nuriah, mekanisme penempelan stiker di rumah KPM PKH, melalui para pendamping PKH tersebut. “Jika nanti setelah ditempel stiker lalu dicopot lagi, berarti warga itu tidak merasa miskin,” katanya.

Nuriah juga berharap semua pihak untuk menginformasikan kepada Dinsos jika masih ada warga yang taraf hidupnya mapan, namun masih menerima program sosial, seperti PKH, agar bisa dijadikan bahan evaluasi.

“Kami juga punya tim untuk menangai persoalan itu. Jika ada warga yang mampu tapi masih menerima PKH, nanti bisa dialihkan kepada warga yang layak menerima bantuan,” ujarnya.

Diakuinya, sejauh ini KPM yang graduasi sudah ada sebanyak 185 KPM dari program PKH. Dari jumlah tersebut, ada yang sudah tidak masuh kategori penerima PKH dan status sosialnya meningkat.

“Ada yang sudah tidak memiliki anak sekolah, tidak sedang hamil, ibu menyusui, memiliki balita, itu tidak akan menerima PKH lagi. Bahkan ada juga yang status sosialnya meningkat dan mengundurkan diri dari KPM PKH,” ujarnya.

BACA JUGA:

. Dinsos Pandeglang Kirim Selimut dan Sembako Bagi Korban Banjir Lebak

. Bansos di Pandeglang Banyak Dinikmati Warga Mampu

. Pendamping PKH di Pandeglang Diminta Profesional

Dikatakannya, jumlah KPM yang graduasi itu nanti digantikan warga yang lain yang benar-benar layak dan masuk kategori penerima PKH. Karena masih banyak yang perlu mendapatkan bantuan. Dari data kemiskinan di Pandeglang sebanyak 11.3344 dan yang baru mendapatkan PKH sebanyak 64.177.

“Jadi sisanya masih banyak yang belum tersentuh PKH. Kami akan sisir lagi ke lapangan, khawatir masih banyak warga mampu yang menerima program sosial,” tandasnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.