RSUD Adjidarmo Tetap Menyandang Rumah Sakit Bertipe B

  • Whatsapp
RSUD Adjidarmo
Gedung RSUD Adjidarmo

LEBAK, REDAKSI24.COM- Setelah diberikannya masa sanggahan melalui surat edaran hasil evaluasi rekomendasi penyesuaian tipe terhadap 19 Rumah Sakit (RS) di Provinsi Banten oleh Kementrian Kesehatan beberapa pekan lalu. Kini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Adjidarmo Kabupaten Lebak Banten, tetap menyandang predikat tipe B.

Hal itu dikatakan oleh PLT Dirut RSUD Adjidarmo, Virgojanti kepada Redaksi24.com Selasa (10/9/2019), terkait Kabar soal turunnya grade rumah sakit tersebut dari tipe B ke C.

Bacaan Lainnya

Lebih jauh Virgojanti mengatakan, RSUD tersebut tetap di tipe B, karena
manajemen memiliki puluhan dokter spesialis dan fasilitas yang memenuhi standar rumah sakit daerah.

Bahkan, katanya, rumah sakit tersebut sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), sehingga kerika mendapat massa sanggahan selama 28 hari,, manajemen langsung memberikan laporan secara update tentang beberapa administrasi yang dimiliki oleh RSUD Adjidarmo.

“Mengenai administrasi, tentu seperti tenaga dokter, medis, SDM dan sarana prasarananya, sudah berstandar daerah. Karenanya, RSUD ini akhirnya sitetapkan sebagai rumah sakit yang bertipe B,” kata dia.

Senada pula dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Maman Sukirman. Ia menjelaskan bahwa masa sanggahan yang diberikan selama 28 hari ke pihak manajemen RSUD Adjidarmo, lansung dilakukan perbaikan-perbaikan atas laporan yang belum diberikan

“Dari masa sanggahan tersebut, kami melengkapi laporan-laporan yang belum di update untuk dikirimkan langsung ke Kemenkes,” ujarnya.

Baca juga:

Maksimalkan Pelayanan, RSUD Dr Adjidarmo Tambah 3 dokter Spesialis

RSUD Dr. Adjidarmo Gelar HUT Ke- 67

Lebih jauh Maman menjelaskan, pelayanan yang ada di RSUD Adjidarmo, bukan hanya dilengkapi dengan 20 dokter spesialis dan puluhan tenaga perawat serta fasilitas sarana dan prasarana yang cukup. Melainkan juga sudah bisa menangani berbagai penyakit, baik dalam maupun luar.

Dan kedepannya, kata dia, diharapkan bukan hanya pelayanan di RSUD itu saja yang menjadi BLUD, tetapj juga ke 42 Puskemas yang tersebar di Kabupaten Lebak.

” Saat ini, Puskesmas yang sudah memiliki ruang perawatan sebanyak 25 Puskesman. Sisanya,masih diajukan untuk memiliki sarana ruang rawat. Sehingga nantinya Puskesmas-Puskemas itu memiliki layanan BLUD,” kata dia. (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.