Ribuan Warga Terdampak Banjir Bandang di Lebak Mulai Mengungsi

  • Whatsapp
Ketinggian banjir bandang Lebak tenggelamkan rumah warga.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Ribuan warga di 6 Kecamatan di Kabupaten Lebak yang terdampak banjir bandang, mulai mengungsi ke Posko yang didirikan oleh Pemkab Lebak dan relawan.

“Mulai hari ini ribuan warga sudah mengungsi di Posko yang kami dirikan,” kata Ketua Pelaksana BPBD Lebak, Kaprawi kepada Redaksi24.com, Kamis (2/1/2029).

Bacaan Lainnya

Kaprawi merinci, sedikitnya terdapat 427 Kepala Keluarga (KK) mengungsi di 7 posko pengungsian yang didirikan oleh pihaknya bersama para relawan tidak jauh dari lokasi kejadian.a

“Kami telah arahakan para warga untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman, karena dikhawatirkan akan terjadinya bencana susulan,” katanya.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lebak Madlias menuturkan, saat ini pihaknya terus menyalurkan bantuan berupa pemenuhan kebutuhan pokok kepada para korban terdampak bencana.

Ia mengungkapkan, bantuan untuk kebutuhan pokok dan pakaian terus mengalir dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), komunitas, dan relawan. ” Alhamdulillah bantuan terus berdatangan,” kata dia.

BACA JUGA:

1.747 Rumah Terendam, 14 Jembatan Terputus, Beberapa Orang Hilang Akibat Banjir Bandang di Lebak

Bupati Lebak: Banjir Bandang Dampak Buruknya Vegetasi Hutan Di TNGHS

Namun demikian tambahnya, bantuan itu masih terus diharapkan dari masyarakat luas, dengan cara disalurkan lewat kantor BPBD Lebak. Berdasarkan informasi yang dihimpun, banjir bandang itu telah merendam 2.167 rumah di 22 Desa yang tersebar di 6 Kecamatan di Lebak, seperti Kecamatan Sajira, Cimarga, Cipanas, Lebak Gedong, Maja dan Curugbitung.

Sebanhak 306 rumah akibat kejadian itu rusak berat dan 274 rusak ringan. Selain itu, banjir bandang juga merusak 2 jembatan permanen, dan 18 jembatan gantung serta beberapa infrastruktur lainnya. (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.