Ribuan Tenaga Kerja Asing Di Tangerang Banyak Yang Melanggar

oleh -
Plt Kepala Kantor Imigrasi Tangerang, Dodi Kardina

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM-– Tangerang yang dikenal dengan kota seribu industri menjadi salah satu tujuan utama bagi para Tenaga Kerja Asing (TKA) untuk bekerja. Berdasarkan data dari Kantor Imigrasi Tangerang, tercatat sebanyak 4.445 tenaga kerja asing bekerja di berbagai perusahaan di wilayah Tangerang Raya.

Plt Kepala Kantor Imigrasi Tangerang, Dodi Kardina mengungkapkan, saat ini WNA yang terdaftar sebagai pekerja pabrik di wilayab Tangerang Raya jumlahnya mencapai 4.445 orang, sedangkan total keseluruhan di wilayah banten jumlahnya sekitar 9.280 orang. Kita

“Itu data per minggu kemarin. Hari ini mungkin sudah berubah,” katanya kepada wartawan, Kamis (19/9/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan, mayoritas warga asing yang berada di Tangerang merupakan WNA yang dinilai memiliki keahlian dengan memiliki produk atau sertifikat sebagai tenaga ahli. Salah satu diantaranya para WNA dengan stempel tenaga ahli itu, katanya, berasal dari Korea Selatan.

“Karena memang perusahaan juga membutuhkan tenaga ahli, banyak proyek yang dikerjakan perusahaan, membutuhkan tenaga kerja asing. Seperti Korea, Jepang dan Cina,” katanya.

BACA JUGA:

RSUD Balaraja Buka Lowongan Tenaga Medis dan Non Medis

11 Warga Negara Asing Diangkut Imigrasi dari Kos-kosan Elit Tangerang

Lebih jauh ia mengatakan, banyaknya tenaga kerja asing yang bekerja di wilayah Tangerang, lantaran Menteri Tenaga Kerja memang memberikan sektor yang dapat diisi oleh tenaga kerja asing (TKA).

“Ada kebijakan baru dari Kementrian, untuk menyediakan 18 sektor bagi TKA. Hal itu untuk mengantisipasi hak-hak tenaga kerja lainnya, agar keberdaaan orang asing memberi manfaat yang lebih baik bagi bangsa dan negara,” ucapnya

Ia menambahkan, kedepannya pihak Imigrasi Tangerang akan meningkatkan pengawasan kepada para WNA yang disinyalir masih sering melakukan pelanggaran. “Pelanggaran biasanya mereka tidak punya dokumen, lantaran dipegang oleh pasangannya atau dijaminkan ke pihak lain,” pungkasnya. (Ricky/Aan)