Ribuan Korban Banjir Bandang di Lebak Mulai Terjangkit Berbagai Penyakit

oleh -
korban banjir bandang lebak terjangkit penyakit
Tim medis di Posko Bencana.

LEBAK, REDAKSI24.COMDinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak mencatat sebanyak 8.056 warga korban banjir bandang di Lebak mulai terjangkit berbagai penyakit.

Plt Dinkes Kabupaten Lebak, Triatno Supiyono kepada Redaksi24.com, Rabu (8/1/2020) mengatakan, dari total 8.056 orang yang terserang penyakit, sebagian besar mengalami Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dengan jumlah mencapai 1.780 penderita atau 22 persen.

Sedangkan yang menderita gastritis atau radang lambung sebanyak 1.261 orang atau 15,7 persen.

Sementara sisanya menderita penyakit diare, Dermatitis, Mialgia, Hipertensi dan luka-luka luar akibat air kotor dan benturan benda keras saat terjadinya bencana tersebut.

BACA JUGA:

Kerugian Infrastruktur Akibat Banjir Bandang di Lebak Capai Rp 56 Milliar

Ratusan Dokumen Adminduk Korban Banjir Bandang di Lebak Hilang

Untuk mengatasi hal tersebut, katanya, Dinkes Lebak telah membuka 43 posko kesehatan yang tersebar di 6 Kecamatan di Kabupaten Lebak, dengan masing-masing posko terdapat 2 orang petugas medis yang siap memberikan pelayanan terhadap korban bencana. Selaian itu, katanya, pihaknya juga membentuk tim trauma healing yang siap mobile di berbagai lokasi bencana untuk mengembalikan mental dan kejiwaan para korban banjir bandang dan longsor agar lebih tenang.

Mengenai ketersediaan obat-obatan bagi para korban, ia menjelaskankan tidak ada masalah. “Alhamdulillah untuk stock obat-obatan kita dibantu oleh pihak Provinsi dan para relawan, sehingga cukup untuk menangani para korban banjir dan longsor,” tandasnya. (Yusuf/Aan)

No More Posts Available.

No more pages to load.