Revisi Tata Ruang, Kota Serang Bakal Tambah Kawasan Pemukiman

oleh -
tata ruang kota serang
Kepala Bapedda Kota Serang,Banten, Nanang Saefudin.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Serang, Banten lebih fokus pada peningkatan Penadapatan Asli Daerah (PAD) dan infrastruktur. Untuk pengembangan kawasan di ibu kota Banten itu, tertumpu di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Serang dan Cipocok.

“RTRW itu tidak boleh bertentangan dengan provinsi dan pemerintah pusat, harus selaras,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Kota Serang, Nanang Saefudin kepada wartawan di salah satu Hotel di Kota Serang, Banten, Rabu (26/2/2020).

Dalam menentukan RTRW, menurut Nanang, pihaknya juga mempertimbangkan aspek lingkungannya. Karena 20 persen RTRW harus tetap mempertahankan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Nanang menjelaskan, revisi RTRW itu melihat Kota Serang sebagai ibu Kota Provinsi Banten yang laju pertumbuhannya sangat tinggi. Karena itu, kata dia, kawasan pemukiman bakal ditambah dengan tetap mempertahankan 20 persen RTH.

BACA JUGA:

. Pindahkan Masjid Agung, Wali Kota Serang Disomasi GPSM

. Wali Kota Serang Minta OPD Serius dan Tidak Main-main Ikuti Rapat Pembahasan Rancangan LKPJ

. Pemerintah Pusat Turun Tangan Atasi Dolbon di Kota Serang Banten

“Juga mempertahankan LP2B (lahan pertanian dan pangan berkelanjutan) seluas sekitar 32 ribu, dengan melihat kondisi esisting yang ada di Kota Serang,” jelas Nanang seraya menyebut kawasan yang direvisi telah disetujui pemerintah pusat.

Revisi tata ruang Kota Serang, menurut Nanang, sudah melalui uji publik. Bahkan melibatkan pihak-pihak terkait lainnya. “Sudah uji publik ke masyarakat, ke masing-masing kecamatan, semua stakeholder kami libatkan,” imbuhnya.(Adi/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.