Resmikan Gedung Pusat Dakwah di Banten, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Ajak Warga Muhammadiyah Giat Berdakwah

oleh -
Muhammadiyah, Gedung Pusat Dakwah, Kota Serang, Banten, UMT,

KOTA SERANG,REDAKSI24.COM–Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Banten meresmikan Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Banten yang bertempat di Kantor PWM, Jl. Ki Ajurum, Komplek Depag No. 02, Cipocok Jaya, Kota Serang. Kegiatan ini menggunakan blended system yang juga disiarkan secara langsung oleh media TV Muh dan jejaring sosial pada Minggu (11/4/2021).

Dalam sambutannya Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Prof. Abdul Mu’ti mengajak semua warga Muhammadiyah untuk bergiat berdakwah melalui PWM dan PDM atau Ortom yang ada.

“Kami berharap Kehadiran Pusat Dakwah ini untuk memfasilitasi dakwah para warga Muhammadiyah dengan tema-tema Islam Berkemajuan,” ujar Mu’ti.

Dalam kesempatan ini Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah juga menjelaskan keberagaman Islam di Indonesia sangat kaya dengan budaya dan local wisdom, karena Islam adalah rahmatan lil ‘alamin (rahmat semesta alam). 

“Allah itu adalah Allahu Rabbal’alamin (Tuhan semesta alam). Islam dan Allah bukan milik orang Arab saja, tapi Islam dan Allah milik dunia,” ujarnya.

Mu’ti juga berpesan bahwa Ramadhan itu bulan untuk mengurangi dan makan minum bukan memindahkan jadwal makan dan minum. Maka seharusnya program hematisasi wajib menjadi perilaku umat Islam. Hematisasi makan minum itu diarahkan kepada sedekah.

Ketua PWM Banten, M. Syamsuddin dalam sambutanya mengatakan, persyarikatan Muhammadiyah sangat mensyukuri dan berbangga hati karena gedung ini memiliki nilai juang dari seluruh anggota persyarikatan dalam membangunnya. Sebagai salah satu ormas keagamaan terbesar di Indonesia, Muhammadiyah siap bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam meningkatkan daya saing daerah dan ikut serta dalam pembangunan daerah khususnya menciptakan generasi muda yang berakhlakul karimah.

“Muhammadiyah akan membuat Rumah Sakit di Tangerang, hal ini didukung oleh adanya Fakultas Kedokteran UMT dan STKIS yang rencananya akan diubah menjadi universitas,” tutur Syamsuddin.

BACA JUGA: Resmi Dilantik, Pemuda Muhammadiyah Banten Siap Satukan Umat Islam

Lebih lanjut dikatakan Syamsuddin, hasil Raker PWM pertama tahun 2015 membeli lahan di tanah tersebut, yang pada awalnya disepakati pembangunan hanya 3 (tiga) lantai namun PP Muhammadiyah meminta untuk membangun setinggi 5 (lima) lantai. Saat ini baru terbangun 3 (tiga) lantai, dan PWM berharap ada perhatian Gubernur untuk dapat membantu pembangunan 2 lantai lai yang belum selesai.

Adapun dana yang sudah digunakan sebesar 7 Milyar, kesemuanya bersumber dari sedekah warga Muhammadiyah serta hasil amal usaha dari semua Ortom dan Lembaga Pendidikan yang ada.

Gubernur Banten yang diwakili Kepala Biro Pemerintahan dan Kesra, Gunawan Rusminto, Provinsi Banten, Septo Kalnadi mengatakan Pemerintah Provinsi Banten dan Gubernur akan membantu pembangunan gedung PWM dan dia mengajak warga Muhammadiyah untuk membebaskan Banten dari pandemi COVID-19.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Serang, Syafrudin menyampaikan rasa bangganya kepada Muhammadiyah karena dirinya mengaku sebagai lulusan SPG Muhammadiyah Serang angkatan kedua dan sampai hari ini dirinya tidak lepas dari Muhammadiyah.

“Saya sebenarnya adalah kader Muhammadiyah dan sebagai Walikota Serang siap bekerjasama dan akan membantu Muhammadiyah,” pungkasnya.

BACA JUGA: Gelar Festival Monolog Virtual, FKIP UMT Diganjar Rekor MURI   

Sementara itu Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT), DR Ahmad Amarullah keberadaan Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Banten ini sebagai langkah strategis untuk mewujudkan cita-cita Muhammadiyah dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dengan keimanan yang tinggi. Menurut Amarullah bagi Muhammadiyah, capaian tertinggi bukan pada hitungan kuantitas, tetapi ketika berhasil mencerdaskan dan menciptakan masyarakat yang berkualitas dengan akhlak dan keimanan yang tinggi.

“Muhammadiyah ingin mewujudkan cita-cita konstitusional RI itu untuk membentuk, menjadikan, dan mendorong Indonesia menjadi bangsa yang cerdas, menguasai ilmu pengetahuan, dan jadi bangsa unggul. Untuk itu pembangunan Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah di Banten ini merupakan langkah yang sangat strategis,” ujar Amarullah.(Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.