Resiko Penularan Covid-19 Masih Tinggi, Pemerintah Daerah Perpanjang PSBB

  • Whatsapp
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Tangerang Raya kembali diperpanjang hingga 28 Juni 2020 mendatang. Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar menyebut, masih tingginya resiko penularan Covid-19 menjadi alasan pemerintah daerah memperpanjang PSBB hingga jilid ke 4. 

“PSBB di Tangerang Raya disepakati untuk diperpanjang sampai 28 juni karena yang pertama resiko penularan masih cukup tinggi masih di atas 1,2 RO,” kata Zaki saat ditemui Redaksi24.com, di kantor Bupati Tangerang, Senin (15/6/2020). 

Bacaan Lainnya

Zaki mengungkapkan, walaupun kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Tangerang sudah mulai turun, namun ada kecenderungan masyarakat yang mulai tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Hal ini juga yang mendasari keputusan pemerintah daerah khususnya pemkab Tangerang untuk memperpanjang pemberlakuan PSBB. 

“Memang kalau kita lihat kasus meninggal juga sudah turun dibandingkan bulan Mei dan bulan April lalu. Tapi dari hasil rakor kemarin bahwa PSBB di wilayah Tangerang Raya ini akan dilanjutkan,” ungkapnya 

Ia melanjutkan, pembahasan berikutnya dalam PSBB Jilid ke 4 ini, akan difokuskan  bagaimana mengawasi dan mengedukasi masyarakat melalui gugus tugas RT, RW yang akan diberdayakan dalam hal pengawasan lingkungan. 

Nantinya, sambung dia, RT, RW ini akan ditugaskan mendidik masyarakat agar mengerti protokol kesehatan terutama dalam memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak, serta tidak melakukan aktifitas yang mengundang warga untuk berkerumun.  

“Dan yang pasti RT, RW ini tentunya wajib mengontrol dan mengawasi warganya apabila ada yang terpapar Covid-19,” ujarnya 

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Herry Herianto mengatakan, meski di Kabupaten Tangerang ada beberapa zona merah yang baru timbul, namun beberapa wilayah pandemi terbanyak seperti Curug, Pagedangan, dan Legok, angka penyebarannya sudah jauh menurun. 

“Ini yang nanti seluruh gugus tugas utamanya RT, RW akan kita bekali dengan informasi yang lengkap agar bisa bekerja dengan maksimal,” tukasnya (Ricky/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.