Rencana Pengalihan Sampah TPA Cipeucang ke Jatiwaringin Harus Disiapkan Payung Hukumnya

  • Whatsapp
TPA Cipeucang
Turap ambles, sampah di TPA Cipeucang tumpah ke sungai Cisadane.

TANGERANG SELATAN, REDAKSI24.COM – Dampak akibat longsornya sheet pile Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang menghambat proses pembuangan sampah di Kota Tangerang Selatan. Akibatnya, sampah bervolume 400 ton perhari itu, akan dibuang ke TPA Jatiwaringin Kabupaten Tangerang.

Soal rencana tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang Achmad Taufik mengatakan, pihaknya sedang menggodok aturan agar kerjasama tersebut dapat berjalan.

Bacaan Lainnya

“Kita sedang menggodok revisi Peraturan Bupati (Perbup) nomor 1 tahun 2016 tentang retribusi jasa umum. Kita sedang siapkan perubahan Perbupnya dalam rangka memperlancar kerjasama tersebut.

Perbupnya sudah ada tinggal di revisi,” katanya ditemui di Pendopo Tangerang, Kota Tangerang, Kamis (11/6/2020).

Taufik menerangkan, meski secara kapasitas TPA Jatiwaringin belum dapat mengakomodir secara keseluruhan sampah di Kabupaten Tangerang, kemungkinan akan tetap menerima alihan sampah dari TPA Cipeucang milik Kota Tangsel.

“Secara logika, kita sebagai manusia kalau ada yang kena musibah perlu kita bantu. Cuman kalau dari pemerintah kita harus ada peraturan payung hukumnya harus kita siapkan. Operasional perlu dihitung dan harus ada dan dibuat perjanjiannya,” terangnya.

Taufik tidak dapat memastikan, pembahasan aturan terkait kerjasama oper alih sampah akan rampung. “Kapannya akan ditentukan sampe peraturan itu beres, kita belum bisa tentukan kapan selesainya. Entah minggu depan atau bulan depan sesuai dengan kesepakatan. Semuanya kan perlu juga antara dewan Kota Tangsel dan dewan Kabupaten perlu saling bicara,” tukasnya.

Taufik menekankan, akan mematangkan rencana menerima sampah dari Tangsel tersebut agar tidak menjadi masalah baru dikemudian hari. “Nanti kita berniat baik nanti malah petaka buat kita,” tegasnya.

Sebelumnya, rencana operaih sampah Cipeucang diungkapkan oleh Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie. Ia mengatakan, rencana tersebut sudah didiskusikan oleh dua pimpinan daerah Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany dengan Bupati Kabupaten Tangerang A Zaki Iskandar.

“Iya memang betul. Sudah dibicarakan ibu Walikota kepada Bupati dan antar kepala Dinas Lingkungan Hidup juga sudah membicarakan soal teknis terkait pembuangan sampah ke TPA Jatiwaringin karena TPA Cipeucang sedang perbaikan,” katanya melalui telepon, Kamis (11/6/202).(wvyh/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.