Relawan PMI Diminta Tetap Utamakan Prokes saat Tangani Banjir

  • Whatsapp
relawan bencana, PMI, banjir, prokes, covid-19,
Relawan PMI membuka dapur umum di sejumlah kawasan banjir di Jakarta.

JAKARTA, REDAKSI24.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) mengingatkan seluruh relawannya untuk tetap memprioritaskan protokol kesehatan (prokes) saat membantu penanggulangan korban banjir di berbagai daerah, khususnya di DKI Jakarta.

“Saat pandemi COVID-19 sekarang ini, prokes menjadi yang utama atau prioritas, seluruh relawan meski dalam keadaan darurat dalam operasi penanggulangan bencana banjir harus tetap menerapkan prokes,” kata Sekretaris Jendral PMI Pusat, Sudirman Said kepada wartawan, Sabtu (20/2/2021).

Bacaan Lainnya

Praktik prokes dimulai dari menggunakan masker, menjaga kebersihan khususnya tangan dengan mencucinya sesering mungkin dengan sabun dan air bersih dan tetap menjaga jarak. Menurutnya, dalam kondisi darurat bencana banjir memang cukup sulit untuk menerapkan prokes khususnya dalam hal menjaga jarak, namun demikian seluruh relawan harus tetap waspada apalagi di titik pengungsian yang rawan penyebaran COVID-19.

Selain itu, relawan yang bertugas pun tidak hanya membantu dalam proses evakuasi dan penyaluran bantuan, tetapi harus bisa memberikan edukasi kepada warga terdampak bencana yang tinggal di pengungsian agar tetap menerapkan prokes untuk mencegah terjadinya penyebaran virus mematikan tersebut.

BACA JUGA: Dinkes Banten Siagakan Posko Kesehatan Bagi Korban Banjir di Kota Tangerang

Ia pun turun langsung ke beberapa lokasi terdampak bencana banjir seperti di dapur umum untuk korban banjir di Jakarta Timur untuk memastikan kondisi seluruh relawannya yang sedang menjalankan misi kemanusiaan membantu para penyintas.

“Penanganan banjir tidak mudah apalagi di tengah suasana pandemi COVID-19, namun saya berharap agar relawan tetap memprioritas prokes terkait COVID-19, itu memang tidak mudah,” ujarnya.

Di sisi lain, usai meninjau dapur umum PMI di Jaktim pada Sabtu ini, bersama Ketua Komite Percepatan Penanganan Covid-19 PMI Pusat, Husain Abdullah, Sudirman memastikan penanganan bantuan korban banjir bisa tertangani dengan baik.

Mantan Menteri ESDM RI menyebutkan PMI telah menyiapkan sejumlah dapur umum dan pengungsian di beberapa kelurahan yang dilanda banjir di wilayah DKI Jakarta meliputi Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

Ia pun berpesan kepada seluruh relawan PMI di tanah air agar tetap waspada dan siaga mengingat mendekati Maret hingga April sesuai prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan terjadi cuaca ekstrem yang bisa memicu bencana banjir meskipun wilayah tersebut tidak pernah terkena banjir sebelumnya.

Untuk itu relawan untuk selalu siap siaga agar bisa memberikan pelayanan yang cepat kepada warga korban bencana untuk meminimalisasi dampaknya. Dia mengimbau seluruh relawan tetap menjaga kesehatan.

Selain menyiapkan dapur umum, PMI juga mengevakuasi korban banjir dan melakukan pelayanan kesehatan.(ANT/DIFA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.