RCB Bedah Rumah Warga Tak Layak Huni di Pandeglang

  • Whatsapp
bedah rumah
Relawan Carita bersatu Pandeglang membedah rumah tak layak huni milik Roni, Desa Banjarmasin, Kecamatan Carita, Pandeglang, Banten.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Relawan Carita Bersatu (RCB), membangun rumah warga yang tidak layak huni, di Kampung Kadongdong, Desa Banjarmasin, Kecamatan Carita, Pandeglang, Banten, Jumat (8/5/2020).

Salah satu rumah warga yang dibangun RCB yaitu milik Roni. Keluarga Roni termasuk pra sejahtera, yang hingga saat ini belum tercover program pembangunan rumah tak layak huni (RTLH).

Bacaan Lainnya

Koordinator lapangan sekaligus penggagas RCB, Asep Saepullah mengatakan, pihaknya merehabilitasi rumah warga pra sejahtera merupakan inisiatif kolegial. Pihaknya merasa prihatin dengan kondisi rumah milik Roni yang tidak layak huni tersebut.

“Bedah rumah insan ini digagas RCB, karena kami melihat situasi atau kondisi rumah bapak Roni cukup memperhatikan. Atas dasar itulah kami bergerak membantu dalam membangun rumah Pak Roni,” ungkapnya.

Dikatakannya, dengan kondisi bangunan rumah tidak layak huni, keluarga Roni kerap kehujanan jika musim hujan, karena atap rumahnya sudah banyak yang bocor. Bahkan informasi yang didapatkan, saat hujan tiba, Roni kerap harus mengungsi ke rumah tetangganya.

“Kami menginginkan pemilik rumah ini bisa tidur dengan nyenyak di rumah yang layak, agar keluarganya bisa tenang dan tidak khawatir dengan cuaca buruk. Mudah-mudahan proses pembangunan berjalan lancar dan cepat rampung,” ujarnya.

Diakuinya, sebelum melakukan bedah rumah tersebut, pihaknya terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat untuk melaksanakan pembangunan RTLH. “Setelah itu kami beserta teman-teman RCB sepakat dan kami sudah konsultasi dengan lurah, baik RT, kecamatan untuk melakukan bedah rumah yang tidak layak itu,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua RCB, Novi menuturkan, dalam melaksanakan bedah rumah kali ini, pihaknya mendapatkan bantuan dana dari beberapa donatur, sehingga proses bedah rumah itu bisa berjalan

“Kami menargetkan pembangunan rumah tidak layak huni ini selesai dalam waktu singkat, agar sebelum Lebaran bisa segera dihuni,” tuturnya.

Sementara Roni, pemilik rumah berterimakasih kepada para relawan RCB yang telah membangukan rumah miliknya tersebut. Dia berharap keluarganya bisa tidur dengan tenang di rumah barunya nanti.

“Kami bersyukur, dan banyak berterimakasih kepada para relawan yang sudah peduli membangunkan rumah saya, sekali lagi saya ucapkan terimakasih,” katanya terharu.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.