Ratusan Penumpang Lion Air Asal Bangladesh Diperiksa Ketat

  • Whatsapp
Penumpang Lion Air diperiksa ketat.

BANDARA, REDAKSI24.COM – Sebanyak 196 orang penumpang maskapai penerbangan Lion Air asal Bangladesh menjalankan pemeriksaan ketat di Bandara Internasional Soekarno- Hatta. Mereka merupakan Jamaah Tabligh, WNI PMI dan juga pelajar yang berasal dari luar negeri.

Mereka yang datang menggunakan maskapai penerbangan Lion Air ini tiba di Bandara Soetta Senin (12/5/2020) malam.

Bacaan Lainnya

Setelah tiba di bandara Soetta, maskapai penerbangan dengan Flight no JT 2862 ini langsung dikawal untuk menjalankan pemeriksaan dari tim medis.

Mereka tiba menggunakan Alat Pelindung Diri dan langsung menjalankan pemeriksaan oleh tim medis.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soetta, dr. Anas Ma’ruf mengatakan saat tiba di bandara penumpang langsung diarahkan menuju Asrama Haji Pondok Gede.

“Mereka langsung melakukan pemeriksaan dan juga pengambilan Swab untuk tes PCR,” ungkap dia saat dihubungi Redaksi24.com Selasa (12/5/2020) dini hari.

Kata Anas, sebelum menuju Asrama Haji, mereka juga menjalankan beberapa prosedur. Termasuk pemeriksaan dokumen suhu, nadi dan saturasi oksigen yang dilakukan di atas pesawat. Mereka, lanjut Anas, juga menjalankan prosedur keimigrasian di bawah pesawat sebelum diberangkatkan ke asrama haji.

“Setelah selesai pemeriksaan kekarantinaan kesehatan, kemudian pax keluar pesawat untuk kemudian melakukan proses imigrasi di bawah pesawat,” ucapnya.

Untuk hasil swab sendiri, kata Anas, baru akan dapat diketahui beberapa hari kedepan. “Diharapkan dalam 3-4 hari sudah ada hasil. Sesuai protokol kesehatan penanganan kepulangan WNI yang baru, maka yang hasil PCR positif akan dirujuk ke RS rujukan,” ucapnya.

“Untuk hasil PCR negatif diberikan ijin/klirens kesehatan untuk kembali ke rumah masing – masing dan selanjutnya melakukan karantina mandiri sampai 14 hari,” tukasnya. (Iqbal/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.