Ratusan Jenazah Covid-19 Dimakamkan Secara Tumpang di TPU Pondok Rangon Jaktim

  • Whatsapp
Petugas pemakaman Covid-19 akan memakamkan jenazah pasien Covid-19 di TPU Pondok Rangon (ant).

JAKARTA, REDAKSI24.COM– Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Rangon, Jakarta Timur sudah tidak mampu lagi menampung jenazah pasien Covid-19. Akibatnya sebanyak 158 jenazah di TPU tersebut dimakamkan secara tumpang.

“Dari 4.708 jenazah yang dimakamkan dengan Protap Covid-19 di TPU Pondok Rangon, 158 diantaranya dimakamkan dengan cara tumpang,” kata Pengawas Khusus Pemakaman Protap Covid-19 TPU Pondok Ranggon, Muhaemin di Jakarta, Jumat (8/1/2021).

Bacaan Lainnya

Muhaemin melanjutan, 158 jenazah yang dimakamkan dalam satu liang lahat itu dilaporkan berlangsung sejak November 2020, sejak TPU Pondok Ranggon sudah kehabisan lahan untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19.

Sedangkan mengenai status lahan pemakaman yang berdomisili di Jalan Raya TPU Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung itu sudah tidak lagi  sebagai TPU khusus untuk pemakaman Covid-19.

BACA JUGA: Sebanyak 30 Jenazah Covid-19 Dimakamkan di TPU Selapajang

“Sekarang status TPU Pondok Rangon sama dengan TPU lainnya yang berjumlaH 77 TPU di Pemprov DKI Jakarta,” katanya.

Atas dasar itu pula, kata Muhaemin, pihak rumah sakit yang menangani jenazah pasien CovId-19 memiliki kewenangan untuk merujuk lokasi pemakaman di luar TPU Pondok Rangon.

Salah satunya adalah TPU Khusus Covid-19 di Tegal Alur, Jakarta Barat, yang saat ini masih menyisakan lahan untuk jenazah pasien Covid-19. “Rumah sakit yang merujuk melalui posko Palang Hitam Bidang Pemakaman pada Dinas Pertamanan dan Hutan Kota,” katanya.

Pihak rumah sakit juga dapat merujuk pemakaman jenazah menuju salah satu dari 77 TPU yang dikelola oleh DKI atas persetujuan ahli waris keluarga.

BACA JUGA: Hasil Swab Negatif, Dimakamkan Dengan Protokol COVID-19 Buat Warga Tangsel Resah

“Yang jelas, misalnya ada 70 jenazah yang masuk ke TPU Tegal Alur, 50 dimakamkan di sana, sedangkan 20 lainnya tersebar melalui pemakaman secara tumpang di TPU lainnya yang ada di lima wilayah Jakarta,” katanya.

Sejauh ini jumlah makam tumpang di DKI Jakarta khusus pasien Covid-19 berjumlah sekitar 400-an liang lahat. Muhaemin menambahkan operator yang bertugas di TPU Pondok Ranggon saat ini berjumlah sepuluh orang yang bekerja selama 24 jam secara bergantian.(Andi/Ant/Aan)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.