Puskesmas di Pandeglang Diminta Waspadai Virus Corona

  • Whatsapp
Virus Corona pandeglang
Kepala Dinkes Pandeglang, R Dewi Setiani.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Dalam mencegah penyebaran virus corona ke Pandeglang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten  Pandeglang, Banten melayangkan Surat Edaran (SE) ke setiap Puskesmas dan Rumah Sakit (RS) di Pandeglang.

Kepala Dinkes Pandeglang, R Dewi Setiani mengatakan, sesuai arahan dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI dan Pemprov Banten, pihaknya sudah memyebarkan SE ke setiap Puskesmas dan RS, baik milik pemerintah maupun swasta, agar mewaspadai penyebaran wabah virus corona, yang kini tengah melanda Cina.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah menyebar SE, karena khawatir wabah penyakit yang disebabkan virus corona itu masuk ke Pandeglang,” ungkap Dewi, Minggu (2/2/2020).

Lanjut Dewi, yang perlu diantisipasi, masyarakat harus lebih memprotek atau menjaga kesehatan dan pola makan. Seperti saat hendak makan cuci tangan terlebih dahulu. “Selain itu kami juga harap warga agar menggunakan masker atau penutup mulut dan hidung, harus lebih protektif lagi,” ujarnya.

Selain itu, kata Dewi, yang perlu dilakukan masyarakat dalam menjaga kesehatan tubuh, setiap hendak bepergian harus membawa minuman (air minum). Sebab, menurutnya, tenggorokan itu harus selalu dibasahi air minum, sebab jika kering virus akan lebih cepat datang.

“Karena virus itu menyerang lebih awal pada tubuh bagian hidung dan tenggorokan. Karena mirip dengan influenza,” katanya.

Dikatakannya, virus corona tersebut hingga saat ini belum ada obatnya dan imunisasinya. Pihaknya juga menghimbau warga agar menghindari binatang peliharaan hingga akhir maret nanti.

“Yang biasa kontak dengan binatang peliharaan, sekarang harus dihindari dulu sampai akhir maret, sesuai himbauan dari kementerian,” tuturnya.

BACA JUGA:

. Banyak Ekspatriat Asal Cina, Banten Dinyatakan Aman dari Virus Corona

. Seluruh Puskesmas di Kabupaten Serang Diminta Siaga Corona

. Kemenkes Siapkan RS Rujukan Bagi Pasien Terindikasi Virus Corona

Kepala Puskesmas Saketi, Oman Firmansyah mengaku, sudah menindaklanjuti SE yang disebar Dinkes Pandeglang, seperti melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada warga. “Kami sarankan warga jika ada yang terkena batuk, infulenza atau panas segera datang ke Puskesmas,” jelasnya.

Selain itu, tambah Oman, pihaknya juga sering memberikan arahan kepada para petugas kesehatan di Puskesmas Saketi, agar ketika ditemukan pasien yang mengalami batuk, sesak nafas dan demam tinggi, segera dikoordinasikan dengan dokter.

“Untuk penanganan pasien, kami juga selalu menanyakan apakah pernah bepergian ke luar Negeri atau luar kota. Jika ditemukan gejala yang mengarah kepada penyakit corona, kami segera koordinasi dengan Dinkes,” tandasnya.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.