Puluhan Rumah di Pandeglang Rusak

oleh -
Salah satu rumah warga di Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten roboh akibat diguncang gempa 7,4 skala richter.

REDAKSI24.COM – Sedikitnya 40 rumah warga di Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, rusak, menyusul guncangan gempa bumi berkekuatan 7,4 SR yang berpusat di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (02/08/2019) malam sekitar pukul 19.00 WIB

Kerusakan akibat dampak gempa itu disampaikan Camat Mandawangi, Entus Bakti, kepada wartawan melalui sambungan telpon. Dia menyebut, akibat gempa bumi yang terjadi di Kecamatan Sumur, banyak rumah warga di kecamatannya rusak.

“Setidaknya sudah ada sebanyak 40 rumah warga yang dilaporkan rusak, berat dan sedang. Ada yang ambruk, ada yang rusak ringan dan sedang. Sampai saat ini data yang saya terima baru 40 rumah ditambah Masjid satu dan MI (Madrasah Ibtidaiyahred) satu,” ungkap Entus, Sabtu (03/08/2019) pagi.

Puluhan rumah yang rusak tersebut, lanjut Entus, tersebar di tiga desa, diantaranya Desa Panjang Jaya, Sinar Jaya, Mandawangi, Cikumbeun. Diakuinya,, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namu warga mengalami kerugian hingga jutaan rupiah.

“Beruntung tidak menelan korban jiwa. Karena pada saat guncangan gempa, warga langsung berhamburan ke luar rumah,” katanya.

Sementara, pasca gempa di Kecamatan Labuan terbilang cukup aman. Belum ada laporan adanya kerusakan yang berarti. Hanya sebagian warga yang masih mengungsi. Ada juga yang sudah pulang ke rumahnya masing-masing.

“Kami mati terus mengumpulkan data, apakah ada kerusakan atau tidak. Untuk sementara ini Labuan aman. Sebagian warga masih ngungsi, takut gempa susulanm,” ujar Camat Labuan, Atep Purnama.(Samsul/Difa)