Puan Serukan Gotong Royong pada Ajang AIPA ASEAN

  • Whatsapp
Puan Maharani gotong royong
Ketua DPR RI, Puan Maharani saat mengikuti ajang Asean Aipa yang digelar melalui virtual.

JAKARTA, REDAKSI24.COM – Ketua DPR RI, Dr (H.C.) Puan Maharani Nakshatra Kusyala, S.I.Kom, menghadiri agenda tahunan antara Ketua Parlemen negara-negara anggota ASEAN dengan pemimpin negara-negara anggota ASEAN disela KTT ke 36 ASEAN, the AIPA ASEAN.

Agenda yang baru pertama kali dilakukan secara virtual itu diikuti Puan dari ruang kerjanya di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Jumat (26/6/2020) pada sesi ASEAN Leader’s Interface with Representatif of AIPA commences.

Bacaan Lainnya

Politisi dari Fraksi PDI Perjuangan itu, dalam sesi ASEAN Leader’s Interface memberikan pandangannya tentang ASEAN, selanjutnya lanjutkan Presiden Filipina, Perdana Menteri Malaysia, serta Perdana Menteri Vietnam.

Puan pun menegaskan kembali peran AIPA sebagai mitra ASEAN yang merupakan persatuan lembaga-lembaga legislatif se-ASEAN memiliki memiliki peran strategis dalam mencapai tujuan pembentukan Komunitas ASEAN.

BACA JUGA: Komisi VII DPR RI Perjuangkan Anggaran Kemenristek Ditambah

Putri dari Presiden ke 5 RI, Megawati Soekarnoputri itu menekankan pentingnya semangat gotong royong kepada ASEAN guna tingkatkan sinergi sebagai satu masyarakat ASEAN, khususnya pada masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, saat ini negara-negara di kawasan sedang mengalami tekanan yang sama, yang berdampak pada aspek kesehatan dan melumpuhkan aktivitas masyarakat baik di bidang sosial, ekonomi, budaya, bahkan kegiatan bersama keagamaan.

“Kita harus bahu membahu sebagai satu Masyarakat ASEAN. Kita harus menyatukan semangat dan energi untuk kerja bersama. Tantangan yang dihadirkan Covid-19 ini tidak memandang bangsa maupun batas-batas wilayah. Apalagi ini ASEAN yang sudah mengikrarkan diri sebagai satu komunitas,” ujae Ketua DPR perempuan pertama RI.

BACA JUGA: Ketua DPR RI Ingin Ada Ketetapan Jadwal Dalam Pembagian Bansos Kepada Masyarakat

Mantan Menko PMK ini menambahkan, gotong royong sudah menjadi semangat nasional bangsa Indonesia. Puan mengajak ASEAN untuk mengadopsi semangat ini dalam upaya mencari solusi bersama di tengah pandemi.

“Saat ini salah satu yang sangat penting diperlukan adalah adanya vaksin Covid-19. Oleh karena itu, saya tekankan juga kerjasama dalam menemukan vaksin dan membuka akses aksin secara terjangkau,” kata Puan.(Agung/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.