PT Xing Xing Steel Yang Berdiri Sejak Belasan Tahun Lalu di Pasar Kemis Diduga Tidak Memiliki Izin

  • Whatsapp
Warga adukan PT Xing Xing Steel ke Satpol PP Kabupaten Tangerang.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Pabrik peleburan baja yang berdiri sejak tahun 2006 lalu dan meresahkan masyarakat Kampung Picung, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten, sebelumnya bernama PT Huang Guan. Namun karena tersandung masalah pajak, sekitar tahun 2012 perusahaan tersebut berganti nama menjadi PT. Xing Xing Steel.

“Tahun 2006 PT Hua Guan gedungnya ngontrak ke PT Prima Sumatera Rotan. Karena PT ini tersandung masalah pajak, akhirnya kolep dan ganti nama PT Xing Xing Steel pada tahun 2012, dengan orang yang sama hanya ganti pemimpin,” ungkap Madi saat menggelar audiensi di Kantor Pol PP Kabupaten Tangerang, Rabu (26/2/2020).

Bacaan Lainnya

Madi melanjutkan, sejak awal berdiri hingga berganti nama, pabrik peleburan baja tersebut tidak pernah melakukan pengangkatan karyawan tetap kepada para karyawannya. Tak hanya itu, para karyawan dengan status pekerja borongan juga tak mendapatkan asuransi ketenagakerjaan.

“Tidak ada pengangkatan karyawan tetap, sudah diusulkan tapi direksi menolak status pekerja borongan, harian lepas,” ungkap Madi yang pernah menjadi karyawan di PT. Xing Xing Steel ini.

BACA JUGA:

Warga Pasar Kemis Minta PT Xing Xing Pabrik Peleburan Baja Ditutup

Dikeluhkan Warga, Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Sidak PT. Xing Xing Steel

Sementara itu, tim Advokasi warga Kampung Picung Faturahman menduga jika PT Xing Xing Steel tidak berizin. Hal itu diketahui dari penelusuran pihaknya ke pihak perusahaan dan hanya bisa menunjukan Surat Penambahan Bangunan.

“Menindaklanjuti soal perizinan, kenapa izin dikeluarkan tetapi tidak melihat kondisi lingkungan. Warga sudah banyak yang terkena ispa,” cetusnya (Ricky/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.