Proyek Pelabuhan Warnasari Kota Cilegon Dimulai

  • Whatsapp
Proyek Pelabuhan Warnasari Cilegon
Wali Kota Cilegon Edi Ariadi didampingi Wakilnya, Ratu Ati Marliati melakukan peletakan batu pertama proyek Pelabuhan Warnasari, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Rabu (17/6/2020).

CILEGON, REDAKSI24.COM – Wali Kota Cilegon Edi Ariyadi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cilegon melakukan peletakan batu pertama proyek pembangunan akses jalan di Pelabuhan Warnasari, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon.

“Seluas 35 hektar sudah kami kerjasamakan dengan perusahaan yang ada. Baru nanti resleter sama KBS (Krakatau Bandar Samudera). Ini perjalanan panjang hampir 20 tahun dari Perda,” kata Wali Kota Cilegon Edi Ariadi usai meletakkan batu pertama pembangunan jalan Pelabuhan Warnasari, Kota Cilegon, Rabu (17/6/2020).

Bacaan Lainnya

Menurut Edi, akses tersebut merupakan salah satu hal yang paling utama. Pasalnya, jika pihaknya membangun di daratan maupun di lautan tetap membutuhkan akses. “Ini kebetulan pengusaha di kawasan berbaik hati membebaskan lahannya untuk akses jalan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, KBS telah melakukan kerjasama dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU). Kemudian disusul dengan Krakatau Osaka Steel (KOS) dan lain sebagainya.

Ia juga menambahkan, Rencana Induk Pelabuhan (RIP) sedang dalam proses dalam Perda Provinsi Banten. Selain itu, ia juga masih menunggu surat dari Dirjen Perhubungan Darat supaya disegerakan.

“RIP sesuai Undang-Undang 23 sekarang kewenangan provinsi, sedang disusun mengenai budidaya pesisir seperti apa, termasuk daerah pelabuhan,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM), Arief Rivai mengatakan, perjalanan rencana pembangunan Pelabuhan Warnasari telah berjalan beberapa tahun. “Dengan segala dinamikanya, semua proses telah kami lalui dengan terbitnya izin pembangunan Pelabuhan Warnasari,” ujarnya.

Menurut dia, pihaknya sudah mengantongi izin amdal seluas 60 hektar dan izin prinsip dengan terbitnya persetujuan dari Kementerian Perhubungan. Secara teknis pihaknya telah menunjuk konsultan untuk menyelesaikan dokumen konsesi.

“Atas dasar itu maka hari ini, Rabu (17/6/2020), kami mohon kepada Wali Kota Cilegon untuk meletakan batu pertama dimulainya rangkaian pembangunan Pelabuhan Warnasari,” tandasnya.(Firasat/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.