Prihatin Kondisi Wisata Carita, Pemuda Sukajadi Pandeglang Bentuk Kelompok Konservasi

  • Whatsapp
sumpah pemuda
Pemuda Desa Sukajadi, Kecamatan Carita, Pandeglang membentuk Kompak.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Menyambut Peringatan Sumpah Pemuda ke 92, puluhan pemuda Desa Sukajadi, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, membentuk Komunitas Kelompok Konservasi atau Kompak.

Tujuan dibentuknya Kompak didasari dari rasa keprihatinan para pemuda terhadap kondisi destinasi wisata yang ada di kawasan Carita.

Bacaan Lainnya

Ketua Kompak Desa Sukajadi, Kecamatan Carita, Epul mengatakan, dibentuknya Kompak pada momen Sumpah Pemuda, sebagai implementasi nilai semangat para pemuda. Selain itu juga, dibentuknya Kompak untuk pelestarian lingkungan dan pemanfaatan sumber daya alam (SDA) yang ada di desanya.

“Kami berinisiatif membentuk kelompok konservasi. Melalui kelompok ini, kami akan menjaga kelestarian lingkungan serta memanfaatkan sumber daya alam yang ada,” ungkap Epul, Rabu (28/10/2020).

BACA JUGA: Mahasiswa Ingatkan Pjs Bupati Pandeglang Jangan Jadi ‘Patung’

Dikatakannya, ada sebanyak 70 orang dari golongan pemuda dan pemudi yang tergabung dalam Kompak. Adapun sasaran dari program kerja Kompak, pertama pemeliharaan atau pembersihan alur sungai yang ada di Desa Sukajadi yang tembus ke kawasan Pantai Carita.

Selain itu, kegiatan penanaman mangrove di kawasan sungai yang kerap terjadi abrasi, supaya abrasi di sepanjang sungai dapat diminimalisir.

“Transplantasi terumbu karang, pembinaan masyarakat tentang kesadaran kebersihan lingkungan serta kegiatan konservasi lainnya,” katanya.

Menurutnya, yang menjadi fokus dibentuknya kelompok konservasi ini yaitu, perlindungan, pelestarian dan pemanfaat alam yang ada di Desa Sukajadi, umumnya Kecamatan Carita. “Kami berharap terbentuknya kelompok pemuda, adanya kepedulian terhadap lingkungan hidup, pemberdayaan masyarakat sekitar, serta pemanfaatan sungai yang berada di Desa Sukajadi untuk wisata mangrove,” ujarnya.

Sekretaris Kompak Desa Sukajadi, Raman mengaku, melalui program kerja yang dilakukan, Kompak akan mampu menciptakan destinasi wisata baru yang bersifat konservasi.

“Kami juga akan melakukan kegiatan bersifat edukasi terhadap generaai muda, dalam menanamkan rasa kepedulian terhadap lingkungan, betapa pentingnya menjaga lingkungan hidup,” tandasnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.