Pramuka Milenial Harus Mampu Memberi Manfaat Bagi Warga

oleh -
pramuka kota serang
Pelantikan Pengurus Mabicab Pramuka Kota Serang.

KOTA SERANG, REDASKI24.COM – Kegiatan pramuka selama ini dinilai melupakan kegiatan khusus. Kondisi itu disebabkan arus jaman yang kian berubah dengan hadirnya teknogi canggih. Maraknya peredaran obat obatan terlarang dan narkoba, menjadi tantangan lain yang paling berat bagi pramuka masa kini.

Wali Kota Serang, Syafrudin mengatakan, selama ini pramuka di ibu kota Banten ini belum terlihat progresnya. Sebaliknya kegiatan pramuka dinilai melupakan kegiatan khusus kepramukaan akibat tergerus arus globalisasi.

“Pramuka jaman sekarang ini jauh sekali perbedaannya, karena perkembangan zaman yang sangat luar biasa. Ini menjadi tantangan bagi pramuka,” katanya usai pelantikan dan pengukuhan pengurus Mabicab, LPK, Pengurus Kwarcab, dan Badan Pelengkap Gerakan Pramuka Kota Serang Periode 2029-2024, di Hamanan Puspemkot Serang, Senin (2/11/2019).

BACA JUGA:

. Kwarda Banten Gelar Kursus Dewan Kerja Gerakan Pramuka

. Kwarda Bina Pengurus dan Pelatih Pramuka Se-Banten

Karena itu, Syafrudin mengimngatkan pengurus Mabicab Pramuka Kota Serang yang baru dilantik untuk menghadapi tantangan era milenial saat ini. Pramuka, kata Syafrudin, harus mampu beradaptasi di era milenial.

Pramuka juga harus mampu menjadi tameng untuk menekan kenakalan remaja dengan berbagai kegiatan positif. “Mudah-mudahan pramuka bisa menggalang semua elemen, mulai tingkat SD, SMP, SLTA dan perguruan tinggi. Sehingga pramuka menjadi tumpuan bimbingan bagi generasi bangsa,” imbuhnya.

Syafrudin juga menambahkan, pramuka juga salah satu ekstrakurikuler di sekolah. Pramuka juga bisa memberikan pelajaran karakter kepada kaum muda. Terlebih Pemkot Serang telah menambahkan dana untuk kegiatan kepramukaan, dari semula Rp200 juta menjadi  Rp250 juta.

“Kami berharap pramuka memberikan manfaat kepada seluruh elemen masyarakat yang ada di Kota Serang,” tandasnya. (Adi/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *