PPDB Jenjang SMP di Kota Serang Masuk Tahap Verifikasi Calon Siswa

  • Whatsapp
PPDB kota serang
Ilustrasi - PPDB jenjang SMP di Kota Serang menunggu hasil verifikasi.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 untuk jenjang pendidikan SMP di Kota Serang, Banten memiliki 4 jalur. Pertama jalur zonasi, prestasi, afirmasi dan perpindahan tugas orang tua.

“Saat ini sudah masuk tahap verifikasi berkas calon siswa yang mendafatr melalui online,” kata Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang, Sarnata kepada Redaksi24.com, Selasa (23/6/2020).

Bacaan Lainnya

Ia mengungkapkan, alur proses pendafataran PPDB tersebut dilakukan secara online. Jalur zonasi ini diperuntukan bagi siswa yang berada dalam zona sekolah yang dituju. Zona yang dimaksud, kata dia, bukan kelurahan atau kecamatan, tapi zona radius kedekatan pendaftar dengan sekolah yang dituju.

“Juga presentasi yang diberikan untuk zonasi 70 persen dari daya tampung sekolah secara keseluruhan,” jelasnya.

Sedangkan zalur prestasi, lanjutnya, diperuntukan untuk calon peserta didik yang punya prestasi, baik secara akademik mapun non akademik, seperti perlombaan berjenjang. Jalur prestasi itu 10 persen daya tamping sekolah yang dituju calon siswa.

Ketiga jalur afirmasi ini diperuntukan bagi anak yang kurang mampu. Jalur ini calon siswa pendaftar dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) atau punya kartu Indonesia pintar dan lain-lainnya.

“Jalur afirmasi presentasinya 15 persen dari daya tampung yang disediakan sekolah,” jelas Sarnata.

Keempat jalur perpindahan oranga tua/wali calon siswa. Jalur ini, kata Sarnata, dikhususkan bagi calon siswa yang berada di luar zonasi. Namun orang tuanya mengalami perpindahan tugas kerja pada lembaga atau institusi/perusahan di Kota Serang.

Sarnata menyatakan, pendaftaran PPDB dibuka pada tanggal 17 Juni sampai 20 Juni 2020. Hasilnya akan diumumkan pada 24 Juni. “Sekarang dalam proses verifikasi, nanti diumumkan calon siswa itu diterima atau tidak,” katanya.

Seluruh tahapan pendaftaran PPDB SMP di Kota Serang, ada pada laman ppdbsmp.serangkota.go.id. Calon siswa tinggal membuka laman tersebut, kemudian memilih jalur yang sesuaikan.

Sementara untuk memulai kegiatan belajar mengajar (KBM) tahun ajaran baru bagi siswa SMP di Kota Serang, menurut Sarnata, pihaknya masih menunggu infromasi dari Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Serang.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.