Polres Pandeglang Bekuk Komplotan Pencuri Sarang Walet

oleh -

REDAKSI24.COM—Sebanyak 8 anggota komplotan pencuri sarang burung walet berhasil dibekuk Satuan Reserse Kriminal Polres Pandeglang. Kedelapan pelaku yakni ES, SJ, RS, AS, HD, MK, SJ dan AH dibekuk saat sedang beraksi mencuri sarang burung walet milik Fundhay Budiman (33) di Kampung Kadu Jami, Kecamatan Labuan, Pandeglang, Sabtu (20/7/9) lalu.

Dari tangan pelaku, jajaran Polres Pandeglang mengamankan barang bukti sebanyak 4 ons serpihan sarang burung walet, 4 karung plastik putih serta berbagai peralatan yang digunakan para tersangka seperti 1 kunci pipa besi, 2 bor besi, 1 linggis,1 palu godam, 3 Senter baterai dan tang.

Kasat Reskrim Polres Pandeglang, AKP Deddy Hermawan mengatakan, modus pelaku kejahatan pencuri sarang burung walet, dilakukan dengan cara membuat lubang atau terowongan dalam tanah, dari dalam rumah menuju ke dalam gedung walet dan mengambil barang berupa sarang burung walet.

“Modusnya menggangsir dengan cara membuat lubang dalam tanah dari dalam rumah hingga ke tempat gedung walet. Atas adanya aksi pelaku pencurian, korban atau pemilik sarang burung walet alami kerugian sekitar Rp10 juta,” ungkap Deddy kepada Redaksi24.com, Senin (22/7/2019).

Deddy menambahkan akibat perbuatannya para pelaku itu akan disangkakan pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan.

“Kedelapan tersangka akan dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” pugkas Deddy. (Samsul/Hendra)