Hut Bhayangkara, Polres Cilegon Sumbang Peti Mati ke Pemkot Cilegon

  • Whatsapp
polres cilegon
Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana bersama Wali Kota Cilegon Edi Ariadi melihat contoh peti mati standar penanganan covid-19, di Mapolres Cilegon, Rabu (1/7/2020).

CILEGON, REDAKSI24.COM – Polres Kota Cilegon tengah mempersiapkan peti jenazah yang nantinya dikirim kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon. Penyediaan itu lantaran Pemkot Cilegon selama ini kesulitan dalam pengadaan peti mati yang standar penanganan jenazah Covid-19.

“Inisiatif ini karena peti mati menjadi kendala bagi keluarga atau warga yang menjadi korban Covid-19, peti mati selalu menjadi beban untuk melakukan pemulasaran sesuai protokol Covid-19,” ungkap Kapolres Cilegon, AKBP Yudhis Wibisana usai melakukan upacara Hari Bhayangkara ke 74 di Mapolres Cilegon, Rabu (1/7/2020.)

Bacaan Lainnya

Yudhis mengakui, penanganan korban meninggal akibat covid-19 tidak bisa sembarangan. Petugas pemulasaran jenazah Covid-19, dari mulai memandikan sampai memakamkan harus menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

“Jenazah covid-19 tidak dibawa ke rumah, semua dilakukan di di rumah sakit oleh petugas medis dengan menggunakan APD lengkap,” jelas Yudhis.

BACA JUGA: Pasien Positif Covid-19 di Kota Cilegon Terus Berkurang

Selain itu, lanjut Yudhis, harga peti jenazah standar covid-19 yang cukup tinggi juga menjadi beban anggaran daerah dan kelaurga korban Covid-19. “Begitu yang kami temukan di lapangan, sehingga kami berinisiatif membantu menyediakan peti jenazah standar Covid-19 bagi Kota Cilegon,” ujarnya.

Menurut Yudhis, peti mati standar covid-19 nantinya akan diserahkan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon untuk digunakan bagi pemulasaran jenazah korban covid-19 yang meninggal dunia.

Namun dia berharap tidak ada pasien COvid-19 di Kota Cilegon yang meninggal dunia. Sebaliknya Yudhis berharap kasus wabah Covid-19 di Kota Cilegon segera berakhir.

“Peti ini tidak untuk diperjualbelikan. Anggarannya hasil partisipasi anggota Polres Cilegon,” tambahnya ketika ditanya anggaran penyediaan peti jenazah standar covid-19 tersebut.

BACA JUGA: RSUD Kota Cilegon Siapkan 50 Peti Jenazah Bagi Korban Covid-19

Sementara itu, Wali Kota Cilegon, Edi Ariadi mengapresiasi bantuan peti jenazah standar covid-19 yang diberikan Polres Cilegon bagi penanganan Covid-19 di daerah yang berjuluk kota baja ini.

“Siapapun yang menyumbang kami teirma, terlebih peti mati standar covid-19. Tapi bukan berarti saya ingin korban Covid-19 bertambah di Kota Cilegon,” tandasnya.(Firasat/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.