Polisi Selidiki Perubahan Warna Air Sungai Teluk Bako Serang

  • Whatsapp
Warga menunjukan air sungai Teluk Bako yang berwarna merah darah.

REDAKSI24.COM – Petugas kepolisian melakukan penyelidikan terhadap perubahan air Sungai Teluk Bako, Desa Mangkunegara, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten yang secara tiba-tiba memerah. Sungai tersebut diduga telah tercemar cairan limbah industri.

Sungai Teluk Bako yang semula bersih, kini airnya berwarna merah seperti darah. Warga menduga, ada pihak-pihak tertentu yang sengaja membuang limbah ke Sungai Teluk Bako. Terlebih ada sejumlah warga yang mengaku melihat ada pihak yang membuang cairan ke sungai di Jembatan Wayah Karang Kepuh.

Bacaan Lainnya

“Kami masih menyelidiki perubahan warna air sungai itu (Teluk Bako, red), termasuk dugaan adanya pihak yang membuang limbah,” kata Kapolsek Bojonegara AKP Tri Sutrisno saat dikonfirmasi, Kamis (29/8/2019).

Polsek Bojonegara bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang, kata dia, telah menelusuri aliran sungai untuk mencari penyebab pasti berubahnya warna air Sungai Teluk Bako.”Sampai saat ini masih dalam penyidikan,” katanya.

BACA JUGA:

. Warga Geger, Air Sungai Teluk Bako Serang Memerah

. DLH Serang Sebut 2 Pabrik Besar Buang Limbah ke Sungai Ciujung

. Soal Pencemaran Sungai Ciujung, Pemprov Banten Ngaku tak Punya Solusi

AKP Tri juga mengaku pihaknya masih menunggu hasil uji laboratorium yang dilakukan DLH Kabupaten Serang atas sampel air sungai yang airnya memerah tersebut. “Kami menunggu informasi selanjutnya dari DLH, apakah air itu tercemar limbah berbahaya atau tidak bagi masyarakat,” katanya.

Kepala Seksi Penanggulangan Kasus DLH Kabupaten Serang, Lili Amalia mengatakan, pihaknya sudah menurunkan tim untuk mengambil sampel air Sungai Bako yang berubah merah untuk kemudian dianalisa di laboratorium.

“Kami belum bisa memastikan itu dampak limbah atau lainnya. Masih dalam proses analisa,” katanya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.