Polda Metro Selidiki Penyebab Kebakaran Gedung Kejagung

  • Whatsapp
Kapolda Netro Jaya, Nana Sudjana
Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana, saat memantau pemadam api dalam peristiwa kebakaran Gedung Kejagung, Jakarta, Sabtu malam

JAKARTA, REDAKSI24.COM—Kepala Polda (Kapolda) Metro Jaya, irjen Pol. Nana Sudjana, menyatakan aparatnya akan  menyelidiki penyebab kebakaran Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) setelah proses pemadaman api selesai, sementara Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan, menyerahkan penyelidikan insiden itu kepada kepolisian.

“Sampai saat ini apa penyebab kebakaran tersebut kami masih akan menunggu, kami akan lakukan penyelidikan,” ujar kapolda di Jakarta, Sabtu.

Bacaan Lainnya

Nana Sudjana menyebutkan, berdasarkan informasi dari anggota di lokasi kejadian titik api pertama kali ditemukan di lantai enam Gedung Kejagung. Kemudian api merambat hingga lantai satu di sayap kanan Gedung Kejagung.

Saat ini,  lanjut kapolda, pihaknya berfokus mengevakuasi tahanan serta barang-barang dari gedung yang bisa diselamatkan. “Jangan sampai yang tidak terbakar ikut terbakar, hal-hal yang penting kita upayakan untuk evakuasi,” ujar Nana Sudjana.

Untuk mengatasi kobaran api, sudah sebanyak 45 unit pemadam kebakaran yang dikerahkan ke lokasi guna menjinakan si jago merah yang sudah melalap lantai satu hingga enam di sisi utara dari Gedung Kejaksaan Agung itu.

Sebelumnya, pada pukul 19.10 WIB Gedung milik Korps Adhyaksa itu terbakar api yang diperkirakan berasal dari lantai 3.

Gubernur Jakarta Anies Baswedan saat meninjau lokasi, mengatakan, pihaknya menyerahkan penyelidikan kebakaran Gedung Kejagung kepada aparat kepolisian.

“Biar kepolisian yang menyelidiki dan memastikan penyebab sebenarnya,”ucap Anies di lokasi kebakaran, Sabtu malam. Anies bersyukur peristiwa tersebut tidak menelan korban jiwa.

Pemprov DKI Jakarta mengerahkan 45 unit mobil pemadam kebakaran dan 230 tenaga pemadam untuk menaklukan kobaran api yang mengauasai Gedung Kejagung itu.

“Sekarang pukul 22.27 WIB, api sudah terkendali, tidak melebar ke gedung lain,”jelas Anies.

Kebakaran melanda Komplek Kantor Kejaksaan Agung RI di Jalan Sultan Hasanudin Dalam No. 1, RT.011/RW.007, Kelurahan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Berdasarkan informasi, api berawal dari lantai 6 gedung utama sisi utara, lalu menjalar ke lantai 5 dan 4, bagian intelijen dan pembinaan. (Devi/Fauzi/Ant/Jaya)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.