Polda Metro Jaya Tangkap Dua Orang Penjual Surat COVID-19 Palsu

oleh -
Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi, Yusri Yunus.

JAKARTA, REDAKSI24.COM–  Polda Metro Jaya menangkap dua orang yang diduga sebagai penjual surat palsu hasil tes usap antigen dan “polymerase chain reaction” (PCR), serta positif COVID-19.

Kedua tersangka yang ditangkap itu berinisial NJ. Ia berperan menawarkan jasa pembuatan surat keterangan tes usap antigen dan PCR melalui media sosial. Sedangkan satu orang tersangka lainnya berinisial NBP. Ia berperan untuk membuat surat keterangan palsu.

Dihadapan petugas mereka  mengaku menjalankan bisnis gelapnya itu sejak awal 2021 lali. Dengan mematok harga Rp170-180 ribu untuk hasil tes usap PCR, sedangkan tes usap antigen dihargai lebih rendah. 

” Mereka mengaku sudah banyak mencetak surat keterangan bebas COVID-19 palsu yang digunakan oleh pembelinya sebagai dokumen perjalanan,”kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi, Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (13/7/2021).

BACA JUGA: Palsukan Surat Tes Cepat Covid-19 Dua Pemuda Ditangkap Polisi

Selain itu, pelaku juga menjual surat keterangan palsu positif COVID-19 kepada pembeli yang ingin tidak masuk kerja.

Atas perbuatannya, tambah dia, kedua tersangka dijerat dengan Pasal 263 KUHP dan atau 268 KUHP, Pasal 35 jo pasal 51 UU Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman hukuman penjara paling lama enam tahun.(Fianda/Ant/Aan)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.