Pol PP Kabupaten Tangerang Selidiki Dokumen Perizinan PT Xing Xing Steel Yang Resahkan Warga

  • Whatsapp
Ilustrasi- PT Xing Xing Steel belum bisa menunjukkan IMB-nya.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM –
Setelah mendapat laporan dari warga yang merasa resah dengan adanya aktivitas peleburan baja di PT Xing Xing Steel, Satpol PP Kabupaten Tangerang baru melakukan pemeriksaan atas dokumen perusahaan yang berdiri sejak belasan tahun itu di Kampung Picung, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten.

Dalam pemeriksaan tersebut, pihak perusahaan telah memberikan 2 dokumen berupa AMDAL dan Peruntukan Lahan Industri. Sedangkan 2 dokumen lain, salah satunya berupa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) belum diserahkan.

Bacaan Lainnya

“Sampai hari ini kita masih memeriksa perizinan yang dimiliki oleh PT Xing Xing Steel. Dan masih ada dua dokumen yang kita minta belum diberikan, salah satunya IMB,” kata Kasatpol PP Kabupaten Tangerang Bambang Mardi Santosa saat dikonfirmasi, Kamis (27/2/2020).

Ia melanjutkan, dalam waktu dekat pihak Pol PP juga akan melakukan gelar perkara dengan dinas-dinas terkait, salah satunya dengan DLHK Kabupaten Tangerang guna membahas izin pendirian PT Xing Xing Steel tersebut.

Sejak terjadinya peristiwa ledakan di pabrik peleburan baja itu pada 18 Februari lalu, pihak Pol PP sudah meminta pihak perusahaan baik secara lisan dan tertulis untuk berhenti beroperasi sementara waktu sambil menunggu proses pemeriksaan selesai.

“Kita berharap masyarakat juga tenang, baik yang pro maupun kontra, jangan sampaj terjadi sesuatu, supaya pemerintah daerah bisa objektif dalam melakukan pemeriksaanya,” tutur dia.

BACA JUGA:

PT Xing Xing Steel Yang Berdiri Sejak Belasan Tahun Lalu di Pasar Kemis Diduga Tidak Memiliki Izin

Warga Pasar Kemis Minta PT Xing Xing Pabrik Peleburan Baja Ditutup

Sementara itu, Kabid Gakda Pol PP Kabupaten Tangerang Sumartono mengatakan, pihak Pol PP belum memiliki kewenangan untuk menghentikan aktifitas pabrik peleburan baja tersebut secara total, mengingat penyelidikan terkait dokumen perizinan serta dampak lingkungan yang dikeluhkan oleh masyarakat masih dalam proses pemeriksaan.

“Jadi, karena memang masih dalam proses pemeriksaan, kami belum punya kewenangan untuk menutup atau menghentikan secara total, dan hanya melakukan secara persuasif,” kata dia

Pihaknya juga meminta pihak PT Xing Xing Steel untuk bersikap kooperatif dan segera menunjukan dokumen-dokumen lain yang berkaitan dengan izin pendirian perusahaan tersebut.

“Selama ini IMB yang belum diserahkan. Kalau amdal sudah, tapi juga perlu kami teliti lagi, apakah sesuai dengan peruntukannya atau tidak,” tandas dia. (Ricky/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.