PNLG Forum 2022, Menteri LHK Bahas Potensi Ekonomi Kelautan Kabupaten Tangerang

oleh -
KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menyatakan, konsep ekonomi kelautan (ekonomi biru) dapat mendorong pertumbuhan kesejahteraan masyarakat di pesisir Kabupaten Tangerang.
Pernyataan itu disampaikan Siti Nurbaya dalam agenda PEMSEA Network of Local Govenments (PNLG) Meeting Summit 2022 yang digelar di Atria Hotel Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Rabu (26/10/2022).

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menyatakan, konsep ekonomi kelautan (ekonomi biru) dapat mendorong pertumbuhan kesejahteraan masyarakat di pesisir Kabupaten Tangerang.

Pernyataan itu disampaikan Siti Nurbaya dalam agenda PEMSEA Network of Local Govenments (PNLG) Meeting Summit 2022 yang digelar di Atria Hotel Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Rabu (26/10/2022).

Dikatakan Nurbaya, pemeliharaan ekosistem laut dapat menjadi upaya fundamental demi keberlangsungan hidup masyarakat pesisir. Dimana hal itu bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah pesisir Kabupaten Tangerang.

“Ekonomi kelautan menjadi tantangan di masa depan,” kata Siti Nurbaya.

BACA JUGA: Gelar PNLG 2022, Zaki: Tata Kelola Wilayah Pesisir Penting Dilakukan

Untuk itu, lanjutnya, ia mengajak seluruh wilayah pesisir, khususnya di Kabupaten Tangerang, untuk bisa memperkuat ekosistem laut dengan cara membangun fondasi ekonomi biru seperti ketahanan dan laut yang inklusif, laut yang bersih dan ekosistem laut yang sehat.

“Dengan begitu, ekonomi masyarakat pesisir dapat bertumbuh,” ucapnya.

Namun, Siti Nurbaya juga mengingatkan ada beberapa yang kerap menjadi hambatan blue economy di berbagai wilayah pesisir, yakni mulai kerusakan habitat, pengambilan ikan ilegal dan tidak teregulasi yang mengancam ekosistem.

“Ini diperparah dengan suplai iklan, Indonesia juga rawan akan ancaman bencana alam, seperti tsunami yang mengancam jiwa manusia,” tandasnya.(Deri/Difa)