PMII Dukung Ats Tsauroh Jadi Masjid Agung Kota Serang

  • Whatsapp
masjid agung kota serang
Bahsul Masail di Majelis Pondok Pesantren Al Fathaniyah bersama Tokoh, Pemuda, Masyarakat, dan Mahaiswa menyoal Penetapan Masjid Agung Kota Serang.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Penetapan Masjid Agung Kota Serang, Banten masih menuai pro kontra. Sebagian tokoh yang tergabung dalam Gerakan Pengawal Serang Madani (GPSM) menginginginkan Pemkot Serang membangun Masjid Agung di Alun-alun Kota Serang.

Sedangkan sebagian tokoh lagi sepakat dengan Pemkot Serang yang berencana menjadikan Ats Tsauroh sebagai Masjid Agung Kota Serang.

Bacaan Lainnya

Yang berkeinginan Pemkot Serang membangun masjid baru di Alun-alun Kota Serang diinisiasi Gerakan Pengawal Serang Madani (GPSM). Sedangkan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Serang, justru sepakat Masjid Ats Tsauroh dijadikan sebagai Masjid Agung Kota Serang.

Ketua Biro Advokasi, HAM dan Lingkungan Hidup PC PMII Kota Serang, Taufiq Hidayat kepada Redaksi24.com mengatakan, pihaknya menolak penetapan Masjid Agung Kota Serang di Alun-alun seperti yang diusulkan GPSM,

Menurut Taufiq, sudah tepat Pemkot Serang menetapkan Ats Tsauroh sebagai Masjid Agung Kota Serang. Sebab, kata dia, Ats Tsauroh letaknya di Pegantungan dekat dengan kawasan Masjid Kuno Kaujon peninggalan kesultanan yang kental dengan nilai kultural.

“Maka dari itu sudah seharusnya yang sudah ada diramaikan dan dibanggakan, dirawat dan dilestarikan, bukan malah membuat masjid baru,” katanya, Rabu (18/3/2020).

BACA JUGA:

. Pindahkan Masjid Agung, Wali Kota Serang Disomasi GPSM

. Lokasi Masjid Agung Kota Serang Dibahas Ulang

. DPRD Dukung Masjid Agung Kota Serang di Alun-Alun

Sementara itu, Ketua Cabang PMII Kota Serang, Abdul Muhit Hariri mengungkapkan, Alun-alun Kota Serang merupakan wahana publik. Artinya, kata dia, sudah semestinya menjadi tempat aktivitas masyarakat secara umum.

Selain itu, menurut Muhit, bila masjid baru dibangun di alun-alun, bisa mempengaruhi estetika, juga sosial, budaya dan nilai kehidupan sosial masyarakat. Sebab, papar Muhit, Masjid Kuno Kaujon dan Masjid Ats Tsauroh yang rencananya dijadikan sebagai Masjid Agung, juga masih berada di sekitar alun-alun.

“Selain itu juga Pemkot Serang dan sebagian besar masyarakat sudah menyepakati Ats Tsauroh menjadi Masjid Agung Kota Serang. Tiba-tiba ada desakan kepada Pemkot Serang agar membangun masjid agung di Alun-alun,” tandasnya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.