PMI Kota Tangerang Bekali Pelajar SD Ilmu Kesehatan

oleh -
Pelajar SD Negeri 8 Kunciran diberikan bekal ilmu kesehatan dalam program dokter cilik oleh PMI Kota Tangerang.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang melatih pelajar Sekolah Dasar (SD) Negeri 8 Kunciran, menjadi dokter cilik. Pelatihan tersebut bertujuan untuk membuka wawasan para pelajar terhadap kesehatan dan sebagai pelopor perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di tengah pembelajaran tatap muka (PTM).

Program yang digelar bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang itu, rencananya akan digelar di seluruh SD di Kota Tangerang, Banten.

Fasilitator Dokter Cilik dari Relawan PMI Kota Tangerang, Susan menjelaskan pengetahuan tentang kesehatan sangat penting ditanamkan sejak usia dini, dan kegiatan dokter cilik yang digelar tersebut sebagai langkah awal untuk menciptakan masyarakat agar hidup sehat dan bersih.

“Ini pembekalan untuk mereka supaya bisa membantu kegiatan sekolah yang berhubungan dengan kesehatan, terus kalau ada kejadian mereka bisa bantu, baik di sekolah maupun di rumah,” jelasnya, Selasa (26/10/2021).

BACA JUGA: HUT ke-76, PMI Kota Tangerang Diharapkan Tetap Jadi Garda Terdepan 

Susan mengatakan pembelajaran yang diberikan kepada para pelajar berkaitan dengan PHBS, serta pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). “Ini dokter cilik kan membantu teman-temannya yang sakit. Dan selama pandemi mereka juga bisa memberitahu temannya agar tetap menjaga kesehatan dengan protokol kesehatan (prokes),” ujarnya.

Susan mengungkapkan program tersebut juga diberikan untuk membentuk karakter anak ke arah yang positif. “Ini dapat membentuk karakter mereka, supaya PHBS-nya lebih peduli pada lingkungannya,” ungkap dia.

Sementara itu Kepala SD Negeri 8 Kunciran, Lasan menambahkan bahwa dirinya menginginkan program dokter cilik sejak dahulu, karena program tersebut dinilainya sangat positif bagi anak dan sekolah. 

“Para dokter cilik dapat membantu rekan siswa dan guru serta pihak sekolah, karena biasanya anak itu lebih terbuka dengan temannya. Sehingga kalau ada yang sakit bisa segera ditangani,” kata dia. (Candra/Aan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.