PKL Ditertibkan, Parkir Semrawut di Pasar Labuan Pandeglang Dibiarkan

  • Whatsapp
Parkir Pasar Labuan Pandeglang
Parkir kendaraan bermotor di depan Pasar Labuan, Pandeglang memakan sebagian bahu jalan.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) bersama Satpol PP Pandeglang, melakukan penertiban terhadap para Pedagang Kaki Lima (PKL) Pasar Labuan, yang berada di trotoar dan sepanjang bahu Jalan Jendral Sudirman.

Tujuan ditertibkannya para PKL tersebut, sebagai penerapan ketertiban keamanan dan keindahan (K3) pasar, serta upaya dalam mengurai kemacetan yang kerap terjadi di sepanjang jalan tersebut.

Bacaan Lainnya

Pantauan Redaksi24.com di kawasan Pasar Labuan, Pandeglang, semua lapak PKL yang berada di trotoar dan bahu jalan sudah dibongkar dan dipindahkan ke lantai dua Plaza Pasar Labuan dan sejumlah lokasi lainnya.

Namun berbeda dengan kondisi parkir kendaraan di kawasan pasar tersebut, aktivitas parkir kendaraan di bahu jalan tersebut masih dibiarkan, sehingga kemacetan lalulintaspun masih kerap terjadi di sepanjang jalur tersebut.

BACA JUGA: Wah, Camat Cigeulis Minta Warga Doakan Petahana Menang Pilkada Pandeglang

Camat Labuan, Pandeglang, Ace Jarnuji mengatakan, penataan tersebut dilakukan secara bertahap. Setelah penertiban PKL itu sudah beres, baru dilakukan pengaturan parkir kendaraan.

“Keberadaan parkir di bahu jalan itu akibat dampak adanya PKL yang di trotoar jalan, sehingga parkir bisa menghabiskan bahu jalan,” ungkap Camat di \relokasi PKL Pasar Labuan, Senin (10/8/2020).

Dikatakannya, adanya PKL yang semakin menggerus bahu jalan, sehingga parkir kendaraan juga kian merangsek ke badan jalan. Sebab itu, setelah penertiban PKL itu selesai, pihaknya akan segera berkoordinasi lagi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk mengatur parkir kendaraan.

“Soal parkir nanti kami akan koordinasi lagi dan duduk bersama, bagaimana cara pengaturannya agar tidak mengganggu lalulintas,” katanya.

Memang harapannya, parkir juga harus ditata agar tidak mengganggu terhadap kelancaran lalulintas. Bisa saja parkir yang di bahu jalan dijadikan satu baris saja, tidak terjadi dua sampai tiga baris.

“Selain itu, sebagian juga bisa menggunakan lahan bekas lapak PKL. Sehingga lalulintas nantinya tidak terganggu, dan kemacetan pun tidak sering terjadi,” ujarnya.

BACA JUGA: Digusur dari Trotoar, PKL Pindah ke Halaman Rumah Sakit Labuan Pandeglang

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pasar Disperindag Pandeglang, Haris mengaku, penataan para PKL pasar Labuan masih belum selesai maksimal. Sebab masih ada PKL yang belum menempati tempat relokasi yang sudah disediakan. Bahkan, kata dia, sebagian PKL mendirikan lapak sendiri, seperti di lahan rumah sakit dan Gedung Shelter Tsunami Labuan.

“Kalau lokasi lantai dua Plaza Pasar Labuan memang dibuatkan pemerintah, tapi yang di gedung shelter dan lahan RS, PKL membuat lapak sendiri. Karena pembangunan lapak oleh pemerintah tidak bisa dilakukan tahun ini, paling juga tahun depan,” tandasnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.