Pjs Bupati Pandeglang Bebaskan Warga Rayakan Maulid, Asal Tetap Jaga Ini

  • Whatsapp
Maulid Nabi
Pjs Bupati Pandeglang, Gunawan Rusminto.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Pandeglang, Gunawan Rusminto, akan memgeluarkan Surat Edaran (SE) yang mengatur pelaksanaan Perayaan Hari Besar Islam (PHBI), seperti Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Regulasi itu dikeluarkan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

Dalam SE yang akan diterbitkan itu, menurut Rusminto, bukan berarti Pemkab Pandeglang melarang adanya peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Tapi lebih kepada upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan, khususnya tidak diperbolehkan adanya kerumunan massa.

Bacaan Lainnya

“Kami bukannya tidak mau melaksanakan peringatan Maulid Nabi. Tapi dalam masa pandemi Covid-19 ini, kami mohon tidak ada iring-iringan massa,” ungkap Rusminto usai meresmikan rumah isolasi bagi OTG Covid-19, Rabu (14/10/2020).

Jikanpun masyarakat akan melaksanakan PHBI dan mengundang penceramah, lanjut Rusminto, sebaiknya pesertanya dibatasi, dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. “Kami mohon pengertian dari semua pihak,” ujarnya.

BACA JUGA: Isolasi OTG Covid-19, Pemkab Pandeglang Sewa Wisma PKPRI Rp180 Juta

Menanggapi regulasi tersebut, Ketua MUI Pandeglang, KH Tubagus Hamdi Maani menuturkan, sebagai umat Muslim punya keharusan mengagungkan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Namun dia mengingatkan umat muslim tetap waspada pada masa pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan saat merayakan Maulid Nabi.

“Kami menghimbau masyarakat yang akan melaksanakan Maulid Nabi Muhammad SAW, agar mengikuti protokol kesehatan Covid-19,” tuturnya.(Samsul Fathoni/Difa)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.