Pinterest Jadi Platform Media Sosial Pertama Yang Larang Penuh Iklan Penurunan Berat Badan

oleh -
Pinterest Jadi Platform Media Sosial Pertama Yang Larang Penuh Iklan Penurunan Berat Badan
Pinterest/Ist.

JAKARTA,REDAKSI24.COM–Platform media sosial Pinterest memutuskan untuk melarang semua iklan terkait penurunan berat badan.Aturan ini menjadikan Pinterest sebagai platform media sosial besar pertama yang melakukan larangan ini.

Asosiasi Gangguan Makan Nasional (National Eating Disorders Association) memandu Pinterest dalam memperbarui kebijakannya seiring dengan meningkatnya pencarian makanan sehat, gaya hidup sehat, dan kiat kebugaran dalam setahun terakhir.

“Banyak orang menghadapi tantangan terkait citra tubuh dan kesehatan mental, terutama saat kita keluar dari pembatasan COVID,” kata Sarah Bromma, kepala kebijakan perusahaan, dikutip dari NPR, Senin,(5/7/2021). 

BACA JUGA: Mitos Atau Fakta, Minum Air Jeruk Nipis Bisa Bikin Kurus?

“Orang-orang sekarang merasakan tekanan tambahan untuk bergabung kembali dengan lingkaran sosial mereka secara langsung untuk pertama kalinya dalam setahun.”

Pinterest bukan satu-satunya perusahaan yang membatasi konten penurun berat badan. Baik Instagram dan Facebook menekan iklan untuk diet “ajaib” dan produk penurun berat badan pada 2019, tetapi Pinterest adalah yang pertama melarang iklan ini sepenuhnya.

BACA JUGA: Facebook Sebut Mass-Tagging Tautan Pornografi sebagai Upaya Phishing

Ini merupakan perluasan dari larangan Pinterest yang ada pada iklan yang berisi gambar penurunan berat badan sebelum dan sesudah, prosedur penurunan berat badan, dan pil penekan nafsu makan. Iklan yang mempromosikan gaya hidup sehat atau layanan kebugaran akan tetap ada.

Pinterest adalah situs media sosial tempat pengguna dapat menyimpan gambar dekorasi, mode, resep, dan ide kerajinan ke koleksi yang mereka kurasi. Pada dasarnya, ini adalah sebuah pinboard virtual. Pengguna dapat mencari hampir semua topik dan menemukan ribuan gambar untuk dijadikan penanda sebagai inspirasi.

BACA JUGA: Twitter Blokir Akun Presiden AS Donald Trump secara Permanen

Platform sosial ke-14 yang paling banyak digunakan di dunia, basis pengguna Pinterest condong ke kalangan muda dan perempuan. Pemirsa iklan utamanya adalah wanita berusia antara 25-34 tahun, menurut laporan tahun 2021 dari platform manajemen media sosial HootSuite.

Pinterest memiliki riwayat pemantauan ketat konten yang menampilkan pesan berbahaya. Pengguna yang mencari kata kunci yang terkait dengan gangguan makan, bunuh diri, atau masalah kesehatan mental lainnya dialihkan ke sumber daya pemulihan atau kesehatan mental.

Gambar penurunan berat badan bukan satu-satunya konten yang dibatasi dari layanan iklan platform ini. Pinterest juga melarang iklan untuk obat-obatan, spesies yang terancam punah, tembakau dan layanan ilegal, serta konten yang mengandung bahasa yang terlalu menyinggung atau konten dewasa. (Arnidhya/Ant/Hendra) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.