Permudah Urusan Kepegawaian, BKPSDM Kota Tangerang Terus Kembangkan SIMASN

  • Whatsapp
BKSDM Kota Tangerang
Wali Kota Tangerang, H. Arief R Wismansyah memaparkan terkait aplikasi SIMASN untuk mempermudah Urusan Kepegawaian, BKPSDM Kota Tangerang secara online.

KOTA TANGERANG,REDAKSI24.COM–Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aparatur Sipil Negara (SIMASN) milik Kota Tangerang mulai banyak dilirik berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Pasalnya, aplikasi SIMASN milik Kota Tangerang sudah terintegrasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

Semenjak digunakan tahun 2015 lalu aplikasi yang dilahirkan oleh Kota Tangerang ini banyak menjadi lirikan. Pasalnya, dengan hanya menggunakan aplikasi ini pegawai atau ASN dengan sangat mudah mendapat informasi tentang kepegawaian. 

Bacaan Lainnya

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Kota Tangerang Drs Heryanto MAP mengatakan pada dasarnya setiap wilayah di Indonesia telah menggunakan aplikasi SIMASN ini. Namun, milik Kota Tangerang banyak yang menjadi acuan sehingga banyak diadopsi oleh berbagai wilayah di Kabupaten dan Kota di Indonesia. 

“Semua instansi daerah pasti punya. Tujuannya dibangun untuk menyajikan data dan informasi kepegawaian. Tetapi di Kota Tangerang sendiri kita sudah diadopsi oleh 22 daerah,” ungkapnya saat dijumpai di kantornya, Rabu (25/11/2020). 

Permudah Urusan Kepegawaian, BKPSDM Kota Tangerang Terus Kembangkan SIMASN

Kata Heryanto, aplikasi yang dibentuk sejak tahun 2015 ini memudahkan para pegawai maupun ASN dalam mencari informasi. Bahkan pegawai juga dapat mengajukan kenaikan pangkat dari aplikasi ini. 

“Jadi tidak perlu lagi membawa dokumen ke kantor kami, mereka cukup mengaksesnya secara sistem. Selain menyajikan data dan informasi SIMASN itu bertujuan untuk memudahkan dalam layanan administrasi kepegawaian misalnya kepegawaian seperti pengajuan ijin pangkat, pengajuan ijin belajar, pengajuan kenaikan pangkat itu sudah ada di SIMASN,” ujarnya. 

Menurut dia, aplikasi SIMASN ini menampung data bersifat paperless. Artinya, data yang ditampung oleh SIMASN ini bersifat elektronik. 

“Tapi tentu keaslian data juga kita lihat. Apalagi yang kita minta ini dokumen asli yang bersangkutan. Jadi dokumen yang bersifat fisik sudah tidak dibutuhkan lagi untuk layanan kepegawaian tadi,” ucapnya. 

 

BKSDM Kota Tangerang

Heryanto mencontohkan, jika terdapat pegawai yang mengajukan kenaikan pangkat maka Dinas atau UPT terkait hanya perlu mengajukan by aplikasi saja. 

“Misalnya si pegawai mau mengajukan kenaikan pangkat masing – masing dinas mengajukan by sistem, nah BKPSDM ini sebagai pengelola atau verifikator. Data yang masuk juga sudah dapat dilihat dan rincian persyaratan seperti dokumen SK CPNS itu sudah berbentuk dokumen elektronik,” ucapnya. 

Dia menambahkan, aplikasi ini sengaja dibentuk agar tidak menyulitkan SKPD ataupun dinas dalam mengurus dokumen kepegawaian. 

“Ini memudahkan pegawai agar tidak ribet membawa dokumen. Itu (sulit mengurus dokumen) sudah tidak ada di Kota Tangerang. Kita sudah melakukan ini sejak 2015 dan semua data aman disini kita di backup sama dinas Kominfo dalam hal infrastruktur sistem,” ucapnya. 

Diketahui dalam sistem SIMASN ini pegawai juga dapat mengakses pengajuan ijin belajar, penyesuaian ijazah (pernyataan gelar), pengajuan pensiun, Karis karsu, dan ada Ujian Dinas. (Advertorial)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.