Perkumpulan Urang Banten Rangkul Lansia yang Luput dari Perhatian Pemerintah

oleh -
pub
Perkumpulan urang Banten bersama Dompet Dhuafa bersinergi mengatasi masalah lansia.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Perkumpulan Urang Banten (PUB) bersama Yayasan Dompet Dhuafa (DD) melakukan sinergi program dalam mengatasi masalah Lansia dan dhuafa di Banten yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah.

Sinergi program tersebut tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) kesepemahaman antar kedua pihak. Sebagai bentuk komitmennya dalam waktu dekat, PUB dan DD akan membangun perkampungan ramah lansia di Kecamatan Malingping dengan luas lahan 5.000 M2.

Ketua PUB Taufiqurrahman Ruki mengatakan, gagasan pendirian kampung lansia ini berangkat dari rasa keprihatinannya terhadap kondisi dua lansia laki-laki yang baru masuk Islam atau mualaf di Rangkasbitung. Keduanya kemudian tersingkir dari komunitasnya dan bermukim di sebuah gubuk di pedalaman Malingping.

“Mereka berdua hidup terisolasi. Di dalam kebun dan tidak mempunyai pekerjaan. Untuk menyambung hidup sehari-hari, mereka mengandalkan uluran tangan para dermawan,” kata Taufik di Musium Negeri Banten, Selasa (3/12/2019).

BACA JUGA:

. Rayakan HUT ke 48 Korpri, Pegawai Pemkab Serang Saling Asah dan Asuh

. Kodim 05/10 Tigaraksa Gelar Baksos Bina Teritorial

. TNI dan PLTU 2 Labuan Gelar Baksos, Ribuan Warga Pandeglang Berobat Gratis

Mantan Ketua KPK itu menambahkan, kerjasama ini merupakan bentuk syukur atas segala nikmat dan bentuk tanggung jawab kepada masyarakat Banten terutama yang membutuhkan. “Sebagai insan yang lebih beruntung kita harus bersyukur, PUB ingin menunjukan kepedulian bagi masyarakat marginal, andai masyarakat sadar sedekah seribu saja sehari, rasanya banyak masyarakat kurang mampu yang terbantu,” ungkapnya menambahkan.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Nasyith Majidi menyatakan, Dompet Dhuafa sebagai lembaga philantrofi yang berkhidmat bagi kaum dhuafa selalu terbuka untuk bekerjasama dengan siapapun yang memiliki visi sama.

“Pada dasarnya dengan siapapun yang memiliki niat sama untuk memberdayakan kaum dhuafa dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Dompet Dhuafa selalu siap bersinergi” ujarnya menjelaskan.

Kedepan, Dompet Dhuafa dan PUB berkomitmen untuk bahu membahu membantu menyejahterakan masyarakat dalam program sosial dan pemberdayaan, beberapa program seperti peternakan, pertanian dan pemberdayaan lainnya. Selain itu, program mobil jenazah gratis dan Kampung Ramah Lansia akan menjadi prioritas pertama untuk di realisasikan di tahun 2020.

Acara itu juga dihadiri tokoh-tokoh Banten seperti Embay Mulya Syarief, Kepala Kanwil Kemenag Banten, Kepala BNN Provinsi Banten, Wakil Rektor UIN SMH Banten, Wakil Ketua MUI Banten, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten dan pejabat serta tokoh Banten lainnya.(Luthfi/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *