Perkuat Ekonomi Masyarakat, DLHK Tangerang Gelar Program TPS-3R

oleh -
Perkuat Ekonomi Masyarakat, DLHK Tangerang Gelar Program TPS-3R

KABUPATEN TANGERANG,REDAKSI24.COM–Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Banten terus berupaya mendorong sektor pengelolaan dan pemanfaatan sampah dengan sebaik mungkin untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi masyarakat. Salah satu upaya  yang tengah dilakukan DLHK Kabupaten Tangerang adalah dengan membuat berbagai inovasi, seperti melalui program Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) Reuse, Reduce, dan Recycle (3R).

“Saat ini Pemkab Tangerang terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat, salah satunya dengan membangun tempat TPS-3R yang nantinya akan dimanfaatkan oleh kelompok pemberdayaan masyarakat sekitar,” kata Kepala DLHK Kabupaten Tangerang Achmad Taufik, Rabu, (19/5/2021)

BACA JUGA: DLHK Kabupaten Tangerang Akan Lacak Pabrik Yang Membuang Limbah Ke Sungai Cirarap

Taufik mengharapkan dengan program TPS-3R yang dibangun di tingkat rukun tetangga (RT) tersebut, dapat mengubah perilaku publik menjadi membuang sampah pada tempatnya dan melakukan pengelolaan sampah mereka.

BACA JUGA: Bapenda Kabupaten Tangerang Tagih PT Taman Sari Pakai Baliho

Selain menurunkan kuantitas sampah yang ada di lingkungan tempat tinggal kelompok masyarakat, kata dia, tujuan TPS-3R juga menghasilkan suatu produk bernilai ekonomis.

“Dengan begitu nantinya para pemuda atau warga setempat bisa mengelola sampah yang bernilai ekonomis, dan nanti hasilnya bisa dirasakan langsung manfaatnya,” ujarnya.

BACA JUGA: Satgas COVID-19 Kelapa Dua Tangerang, Wajibkan Warga Yang Mudik Jalani Tes Usap

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kadispora Kabupaten Tangerang ini mencontohkan tentang  hasil pengelolaan sampah organik berupa kompos, dapat digunakan untuk pupuk tanaman hias dan herbal yang ditanam di lahan sekitar yang hasilnya untuk dijual.

“Saya berharap adanya TPS-3R ini, pertumbuhan serta pengembangan nilai ekonomi di masyarakat bisa terbantu, terlebih saat ini masih pandemi COVID-19,” ungkapnya. (Azmi/Ant/Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.