Peringati Idul Adha, Pemkab Tangerang Sumbang 30 Ekor Sapi

  • Whatsapp
SIMBOLIS : wakil Bupati Tangerang H. Mad Romli menyerahkan secara simbolis 30 ekos sapi dari Pemkab Tangerang kepada pengurus DKM Raya Al Amjad, Minggu, (11/8/2019).

REDAKSI24.COM—Pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah kali ini pemerintah Kabupaten Tangerang memberikan 30 ekor sapi. Sapi tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Tangerang H Mad Romli kepada pengurus DKM Masjid Agung Al Amjad Kabupaten Tangerang. Nantinya sapi-sapi tersebut nantinya akan disembelih dan dagingnya akan diberikan kepada warga Kabupaten Tangerang yang membutuhkan.

Pria yang akrab disapa ‘Haji Ombi’ tersebut menuturkan, seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemkab Tangerang memberikan bantuan hewan kurban Sebanyak 30 ekor yang diditribusikan kepada DKM masjid yang ada di 28 Kecamatan di wilayah Kabupaten Tangerang. Nantinya sapi-sapi tersebut akan disembelih dan dagingnya akan diberikan kepada warga Kabupaten Tangerang yang membutuhkan.

Bacaan Lainnya

“Tahun ini kita berikan bantuan hewan kurban sebanyak 30 ekor, semua dibagikan ke setiap kecamatan termasuk Masjid Agung Al Amjad,” terangnya.

Wakil Bupati mengatakan, perayaan Hari raya Idul Adha ini harus dimaknai sebagai bentuk kepatuhan manusia kepada Allah SWT seperti kepatuhan Nabi Ibrahim AS. Di Idul Adha ini bagi mereka yang memiliki kelebihan harta, diwajibkan untuk memberikan sedikit hartanya dengan menyembelih hewan kurban untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Di hari Raya Idul Adha ini kita bisa memetik berbagai pelajaran salah satuna untuk mempertebal keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT,” ujar H.Ombi.

Sekeretaris Daerah H. Moch. Maesyal Rasyid menambahkan, bantuan hewan kurban tersebut merupakan wujud hadirnya Pemerintah di tengah-tengah masyarakat, saling berbagi mengingatkan masyarakat agar lebih sabar dan bersyukur mengarungi kehidupan dimasyarakat.
“Setiap tahun rutin kita bagikan hewan kurban, ini merupakan wujud nyata syiar Islam dan mewujudkan masyarakat Kabupaten Tangerang yang religius,” tukasnya

Sementara itu Ketua MUI Kabupaten Tangerang KH. Uwes Nawawi yang juga bertugas pemimpin khutbah Salat Ied Idul Adha emngatakan Hari Raya kurban ini merupakan sejarah katauladanan Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail sebagai wujud ketaqwaannya kepada Allah SWT.

“Ketakwaan Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi ismail g patut kita contoh,” tutur Uwes.
Uwes menjelaskan kurban secara harfiah memiliki arti hewan sembelihan, yakni Ibadah menyembelih hewan ternak yang menjadi salah satu bagian dari syiar Islam yang disyariatkan dalam Al Quran.

“Selain memupuk rasa sosial, Qurban sendiri sekaligus menyembelih sifat-sifat binatang diri manusia agar lebih bertaqwa,” ucapnya. (Ricky/Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.