Peringati Hari Pahlawan, Warga Lebak Gelar Festival Rakit di Sungai Cimandur

oleh -
Sungai Cimandur
Festival Rakit.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Untuk mengenang jasa para pahlawan, ratusan masyarakat di Desa Sukawan, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, memperingati Hari Pahlawan dengan cara menggelar Festival Rakit di bantaran Sungai Cimandur Lebak, Minggu (10/11/2019).

Kepala Desa Sukawan, Edi Rapiudin menjelaskan, festival tersebut digelar guna mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang melawan penjajah untuk memerdekakan bangsa ini. Dan di Desa Sukawan sendiri kata dia, di massa penjajahan itu pernah terjadi gencatan senjata antara
kolonial Belanda dengan para pejhang kemerdekaan di Lebak.

” Sungai Cimandur ini merupakan salah satu saksi sejarah gugurnya para pejuang kita oleh para penjajah melalui agresi militer tersebut. Jika secara nasional kita mengenal Surabaya sebagaiKota Pahlawan, secara lokal Sukawan adalah Desa Pahlawan,” tutur Edi kepada Redaksi24.

Dikatakannya, selain untuk mengenang jasa para pahlawan, Festival Rakit juga digelar dalam mendongkrak potensi pariwisata di Kabupaten Lebak, khususnya di Desa Sukawan. ” Kita akan gali potensi wisata di Desa Sukawan ini untuk mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Lebak yanv akan menjadikan daerah ini sebagai destinasi wisata berbasis kearifan lokal,” tandasnya.

BACA JUGA:

Gali Potensi Wisata Sungai Ciberang, Pemda Lebak Gelar Festival Rakit

Festival Santri Lebak Diharapkan Jadi Wisata Religi Unggulan di Banten

Sementara itu, ketua panitia pelaksana Festival Rakit, Dani mengatakan, festival rakit ini telah digelar selama 4 tahun berturut-turut. Aadapun peserta yang terjun di kegiatan itu tercatat sebanyak 21 tim yang terdiri dari laki-laki dan perempuan.

” Seluruh elemen masyarakat turut berpartisipasi dalam festival ini, bahkan ibu ibu juga antusias memeriahkannyai,” pungkas dia. (Yusuf/Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *