Perdagangan Hewan Kurban di Kabupaten Tangerang Jelang Idul Adha 1441 Hijriah Turun Hingga 20%

  • Whatsapp
Pedagang hewan kurban
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar cek kesehatan hewan kurban.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Jelang Hari Raya Idul Adha 1441 H para penjual hewan kurban mulai ramai. Untuk memastikan keamanan dan kesehatan hewan kurban yang dijual, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar menyisir sejumlah lapak penjualan hewan kurban di wilayah Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (23/7/2020). 

Didampingi petugas dari Dinas Pertanian Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Bupati Zaki turut mengecek kesehatan dan kelayakan hewan kurban yang dijual para pedagang. Tak hanya itu, Ia juga menghimbau agar seluruh pedagang dapat menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Bacaan Lainnya

“Sudah menjadi agenda rutin Pemda Tangerang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan selalu menyisir seluruh lapak-lapak penjual dan tempat-tempat penampungan sementara hewan kurban tiap jelang Hari Raya Idul Adha,” kata Zaki kepada wartawan 

Zaki mengatakan, dari hasil pemeriksaan oleh petugas, hewan-hewan kurban yang dijual semuanya sehat. Pemeriksaan kesehatan hewan kurban ke lapak-lapak ini juga akan terus dilakukan sampai hari Raya Idul Adha nanti. 

BACA JUGA: Idul Adha Ditengah Covid-19, Pembagian Daging Kurban di Kabupaten Tangerang Door To Door

“Di lapak ini semua sudah diperiksa dan sehat, baik sapi, kambing, maupun domba. Yang pasti di setiap lokasi dipersiapkan tempat cuci tangan dan diwajibkan bagi para pengunjung atau pembeli untuk memakai masker termasuk jaga jarak, jadi protokol Covid19- nya juga harus benar-benar dijalankan,” tuturnya 

Sementara, Priyono salah seorang pedagang hewan kurban mengaku, jika permintaan hewan kurban tahun ini mengalami penurunan sekitar 20%. Menurut dia, turunnya animo masyarakat dalam membeli hewan kurban ini dikarenakan kondisi ekonomi yang sedang lesu dampak dari pandemi Covid-19. 

BACA JUGA: DKM Masjid Besar Tigaraksa Ajak Lurah dan Camat Berkurban

“Untuk volume penjualan ada penurunan jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” keluhnya 

Ia juga menambahkan, jika hewan kurban yang dijualnya  dipastikan aman dan bebas dari penyakit hewan. Karena seluruh hewan kurban yang ia jual sudah melewati pengecekan dan pemeriksaan oleh Dinas Peternakan. (Ricky/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.