Perbup Lebak, Warga Yang Tidak Pakai Masker Didenda Rp150 Ribu

oleh -
Satpol PP Lebak sosialisasi pelaksanaan Perbud.

KABUPATEN LEBAK, REDAKSI24.COM – Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya menandatangani Peraturan Bupati (Perbup) nomor 28 tahun 2020 tentang pedoman adaptasi kebiasan baru pada kondisi pandemi Corona Virus Disanse 2019 atau Covid-19.

Dalam Perbub tersebut diatur mengenai pedoman hidup masyarakat di tengah masa Pandemi Covid-19 melalui era kenormalan baru atau new normal yang mengharuskan masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitasnya baik ditempat kerja, fasilitas umum, dan pada moda transportasi umum.

Kepala Bagian Hukum Setda Lebak, Lina Budiarti mengatakan, Perbub tersebut telah disahkan pada 15 Juli 2020 lalu dan akan mulai berjalan secara efektif pada 15 Agustus 2020 nanti. Adapun tujuan dari Perbub tersebut yakni agar masyarakat di Kabupaten Lebak patuh terhadap penerapan protokol kesehatan dalam upaya menekan penyebaran Covid-19.

“Sudah ditanda tangani oleh Bupati Lebak dan akan mulai disosialisasikan secara masif kepada masyarakat,” kata Lina ketika dihubungi Redaksi24.com melalui telepon selulernya, Senin (20/7/2020). 

BACA JUGA: Pemkab Lebak Siapkan Sanksi Bagi Pelanggar Protokol Covid-19

Dalam Perbub tersebut, lanjut  Lina, masyarakat Kabupaten Lebak tetap patuh terhadap protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, baik dalam menjalankan kegiatan keagamaan, pendidikan, sosial dan budaya, ekonomi perdagangan, di tempat kerja, di fasilitas umum dan di bidang perhubungan/transportasi.

Ia menambahkan, dalam Perbub tersebut juga diatur sanksi tegas bagi pihak yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Untuk warga per individu akan dikenakan sanksi berupa denda sebesar Rp. 150 ribu jika kedapatan tidak memakai masker dalam menjalankan aktivitasnya di Fasilitas umum, kantor, maupun di moda transportasi umum, seperti angkot bus dan lain-lain. 

Pemkab juga memberikan sanksi tegas bagi pengelola destinasi wisata, tempat hiburan, perkantoran, bahkan rumah makan jika kedapatan tidak menerapkan protokol kesehatan seperti melakukan upaya physical distancing atau jaga jarak, menyediakan tempat cuci tangan, dan mewajibkan penggunaan masker bagi pengunjung, maupun pelanggan. Saksi tegas tersebut yakni pemberian denda sebesar Rp. 25 juta. Pengenaan sanksi tegas tersebut akan dilakukan oleh aparat penegak hukum yakni pihak Kepolisian, TNI, dan Satpol PP.

“Untuk warga yang tidak memakai masker ketika beraktivitas diluar rumah akan mendapatkan teguran, jika tetap membandel, maka akan langsung kami berikan sanksi berupa denda. Dan untuk penanggung jawab kegiatan akan diberikan sanksi  secara bertahap mulai teguran, pencabutan izin, dan denda yang harus disetorkan langsung ke rekening kas daerah oleh pelanggar,” tandasnya. 

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Lebak Dartim mengatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat mengenai Perbub tersebut, termasuk kepada para pengelola tempat umum termasuk destinasi wisata untuk menerapkan protokol kesehatan ditempat wisata.

Katanya, jika pengelola tidak mematuhi penerapan protokol kesehatan pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan tindakan berupa teguran, sanksi administrasi, bahkan penutupan dan denda senilai Rp. 25 juta. Dan sanksi untuk masyarakat sendiri yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan ialah sanksi sosial dan denda administratif. 

BACA JUGA: Anggaran Penanggulangan Covid-19 di Lebak Rp 181 Miliar, Baru Terserap 18 Persen

“Kita akan berikan teguran, sebanyak 3 kali. Jika tidak diindahkan maka akan kami tutup, dan untuk membukanya kembali pengelola harus membayar denda sebanyak Rp. 25 juta, langsung ke kas daerah,” tegasnya. Namun, tambahnya,  jika tetap membandel maka akan dikenakan pasal berlapis, yakni ketidakpatuhan terhadap Perbub.

Dirinya berharap melalui Perbub ini tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dapat meningkat guna menekan penyebaran Covid-19.(Yusuf/Aan)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.