Peran Pemuda Di Masa Pandemi, Merawat Jati Diri Untuk Tetap Istiqomah

  • Whatsapp
Peran Pemuda, Masa Pandemi,Merawat,Jati Diri,Untuk Istiqomah,Universitas Muhammadiyah Tangerang,UMT

Oleh : Dr. Zulkifli, MA

Dosen FAI Universitas Muhammadiyah Tangerang

Bacaan Lainnya

Pemuda merupakan motor penggerak dan mesin perubahan agent of change, bahkan pemuda telah diakui dunia sebagai sosok yang memiliki ide dalam berkreasi. Di sebuah institusi kampus setiap tahunnya melaksanakan kegiatan kuliah kerja nyata atau kuliah kerja lapangan yang dilakukan kawan-kawan semester 7 akhir dalam istilah akademik wajib melaksanakan hal tersebut. Sebuah keharusan yang dilakukan oleh kawan-kawan mahasiswa tepatnya pemuda yang siap mengekplor keilmuannya dimasyarakat.

Para mahasiswa dari berbagai fakultas melaksanakan kuliah kerja nyata dengan disiplin keilmuannya, kawan-kawan mahasiswa di berbagai kampus, dalam hal ini Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) sedang melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan jangka waktu 1 bulan. Kegiatan mereka penuh dengan manfaat, sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain.

Peran pemuda dalam pengabdian kepada masyarakat di masa pandemi tidak menghilangkan nuansa keilmuan kawan kawan dalam pengaplikasian kepada masyarakat dalam hal ini  yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata di seluruh kota Tangerang, kabupaten bahkan cakupannya adalah luar daerah. Penguatan pengabdian dalam menghadapi covid tersebut memakai istilah 5 M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas.

Peran para pemuda KKN di wilayah kota Tangerang Ciledug dalam hal ini Paninggilan Utara telah memasuki satu pekan dengan berbagai macam program kerja serta pengalaman yang didapat mahasiswa dalam mengabdi dimasyarakat diantarannya, membantu dalam mengawasi jalannya pemilihan serta perhitungan suara sampai akhir  pemilihan RT atau RW dengan protokol kesehatan masyarakat antusias dalam pemilihan tersebut.

Dalam kegiatan pemilihan yang dihitung dengan suara terbanyak dan berhak menjadi kepala pimpinan ditingkat warga serta dilihat dilingkungan tersebut penuh keramah tamahan serta sederet hal-hal positif yang diambil oleh mahasiswa.

Pentingnya contoh dan teladan dari orang tua dan masyarakat yang dilihat oleh pemuda menjadikan penerus dikemudian hari. Syubbanul Yaum Rijalul God yang artinya Pemuda hari ini adalah pemimpin dimasa yang akan datang. Bahkan tokoh Proklamator kita Bung Karno pernah berkata ‘Beri aku 10 pemuda maka niscaya akan kuguncangkan dunia.

Nabi Muhammad SAW berpesan kepada para pemuada dalam menakar pemanfaatan dan kegunaan hidup serta prestasi individu, masyarakat, dalam menghadapi akhir kehidupan:

  1. Pemuda yang selalu Istiqomah serta gemar melakukan kebaikan didalam hidupnya serta mengasah keterampilan dengan mengabdi kepada masyarakat.
  2. Pemuda yang sanggup menahan gejolak amarah serta hawa nafsu dalam berbicara atau berdebat.
  3. Pemuda yang berupaya membimbing, mengarahkan serta membina pribadi secara sadar dan terencana sehingga menjadi pemuda yang handal mengoptimalkan jati diri yang bermanfaat.

Hikmah dalam penerapan pengabdian dimasyarakat para pemuda merupakan penentu keadaan suatu daerah bahkan Negara sebagai cinta lingkungan bahkan cinta negara, dalam diri pemuda ada ilmu dan punya harapan besar dalam memajukan daerah, wilayah bahkan Negara.

Para peserta KKN (kuliah kerja nyata ) dalam program kerja yang terdiri; bidang pendidikan, bidang kesehatan, sosial dan pemberdayaan masyarakat. Antusias para pemuda disambut dengan baik dilingkungan Kota Tangerang dalam hal ini pihak kelurahan dan para stafnya, mahasiswa sebagai pembawa bekal perubahan untuk masyarakat dengan ilmunya dan mengembangkan kreatifitasnya.

Pada akhirnya para pemuda berupaya mengembangkan ilmu dan wawasannya ditengah masyarakat, para pemuda berupaya mencontohkan akhlak yang baik ditengah masyarakat, para pemuda berupaya aktif dalam kebaikan dan displin dalam segala hal. Semoga kami para pemuda selalu bermanfaat untuk diri, keluarga dan masyarakat. Wallahu a’lam bishawwab.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.