Penyebaran Covid-19 Semakin Masif, Pandeglang Gencarkan Tes Swab

  • Whatsapp
Tes Swab pandeglang
Sejumlah pegawai Kecamatan Pandeglang, mengikuti tes swab covid-19.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pandeglang semakin masif dan mengkhawatirkan. Hingga saat ini, Selasa (15/9/2020) angka konfirmasi (KK) Covid-19 jumlahnya naik hingga 7 kasus. Jumlah keseluruhan mencapai 71 kasus positif Covid-19.

Data yang dihimpun Redaksi24.com dari Tim Gugus Tugas Terpadu Penanganan Covid-19 Pandeglang, tercatat kasus positif Covid-19 terus meningkat setiap harinya. Sejak Minggu (13/9/2020) jumlahnya 60 kasus, Jumlahnya naik pada Senin (14/9/2020) menjadi 62 kasus, dan Selasa (15/9/2020) 71 kasus.

Bacaan Lainnya

Juru bicara Tim Gugus Tugas Terpadu Penanganan covid-19 Pandeglang, dr Achmad Sulaiman mengatakan, dari jumlah total 71 kasus konfirmasi, 33 orang sudah sembuh, 35 orang masih dirawat atau diisolasi, dan 3 orang meninggal dunia.

Dikatakannya, pihaknya telah melakukan tracing terhadap orang-orang yang terpapar covid-19 tersebut, terutama di lingkungan keluarganya. Tracing juga dilakukan di perkantorang tempat bekerja pasien positif covid-19 tersebut.

BACA JUGA: Pegawainya Positif Covid-19, Pelayanan Adminduk Disdukcapil Pandeglang Distop

“Yang penambahan 7 orang itu ada yang dari OPD dan juga masyarakat umum. Kalau secara spesifik OPD mana saja, saya belum bisa jelaskan detail. Yang pasti saat ini kami sedang lakukan tracing di kediaman masing-masing pasien dan perkantoran,” katanya.

Menuruunya, rata-rata kasus covid-19 terjadi tanpa ada gejala. Sedangkan yang positif saat ini menjalani isolasi mandiri dan perawatan di rumahnya masing-masing. “Kemungkinan besar yang terkonfirmasi itu bakal kami pindahkan, kami masih bahas penyediaan rumah singgah atau rumah isolasi,” ujarnya.

Ditambahkannya, supaya lebih masif diketahui yang terkonfirmasinya, pihaknya sedang menggalakkan tes swab atau tes usap di beberapa kecamatan yang masuk zona merah, dan di setiap perkantoran atau OPD Pemkab Pandeglang.

“Kami menggalakan swab tes untuk mengejar positif, supaya kasus covid-19 makin tertekan lagi sehingga paparan yang positifnya tak melebar lagi,” tambah dia.

Untuk tes swab tersebut jelas dia, pihaknya telah menargetkan sekitar 12 ribu yang bakal dilakukan swab tes. Dari target itu, hingga saat ini baru mencapai 15 persen atau sekitar 2 ribu yang sudah dilakukan swab tes, baik di setiap kecamatan maupun di perkantoran Pemkab Pandeglang.

“Kemarin (Senin) yang sudah kami tes swab ada sekitar seribuan orang,  jika disatukan dengan hari ini ada sekitar 2 ribuan. Kami targetkan sebanyak 12 ribu yang harus di tes wab,” jelasnya.

Terpisah, Sekretaris Kecamatan Pandeglang, Januar Habibi mengatakan, yang dilakukan tes swab meliputi pegawai perkantoran, termasuk seluruh pegawai Kecamatan Pandeglang,  serta masyarakat umum.

“Kegiatan swab tes di Kecamatan Pandeglang hanya satu hari saja dengan target yang harus di swab tes itu 100 orang. Kalau yang daftar lebih dari 100 orang, tapi ini belum mencapai 100,” tandasnya.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.