Penyebaran Covid-19 Kian Masif, Pemkab Pandeglang Siapkan Rumah Isolasi

  • Whatsapp
rumah isolasi covid-19
Ilustrasi - Ruang isolasi pasien positif Covid-19.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, menyiapkan rumah isolasi bagi warga yang terpapar covid-19 dengan katagori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Hal itu dilakukan mengingat penyebaran covid-19 di Kabupaten Pandeglang kian masif. Rumah isolasi yang sudah disiapkan Pemkab Pandeglang itu, di rumah singgah Nini Aki Kecamatan Cadasari.

Bacaan Lainnya

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengaku, sejak jauh hari pihaknya sudah menyiapkan wisma Nini-Aki sebagai rumah isolasi pasien Covid-19. Hanya saja, kata dia, Pemkab Pandeglang tidak memaksakan yang terpapar covid-19 tanpa gejala harus diisolasi di rumah singgah tersebut.

“Tempat isolasi sudah kami siapkan, namanya rumah singgah. Hal itu supaya ada isolasi tersendiri bagi yang terpapar covid-19. Namun jika isolasi mandiri di rumahnya masing-masing juga tidak jadi masalah,” ungkap Irna, Senin (21/9/2020).

BACA JUGA: 5 Tenaga Kesehatan Positif Covid-19,  Dua Puskesmas di Pandeglang Ditutup

Pihaknya tidak memungkiri jajarannya juga ada yang terpapar covid-19. Namun mereka sudah ditangani dengan baik. Sebab,  kata dia, terpapar covid-19 bukan bagian dari aib yang buruk.

“Jadi diharapkan jangan dijadikan bahan olok-olok, akan tetapi harus disupport agar cepat sembuh,” katanya.

Ia juga memastikan, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang positif Covid-19 bakal dilakukan tes swab kembali, dan jika hasilnya menujukan negatif, pekan depan sudah diperbolehkan masuk kerja kembali.

Menurutnya, untuk menekan lajunya penyebaran covid-19 yang semakin masif, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan penegakan bagi masyarakat yang masih enggan menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, tambah dia, pihaknya juga terus melakukan tes swab, baik di perkantoran maupun kepada masyarakat yang tinggal di wilayah zona merah. Hal itu dilakukan supaya mengetahui yang terpapar atau tidaknya.

BACA JUGA: Pegawainya Meninggal Diduga Covid-19, Kantor DPMPD Pandeglang Ditutup

Terpisah, Humas Tim Gugus Tugas Terpadu Penanganan Covid-19 Pandeglang, Tubagus Nandar Suptandar menambahkan, hingga saat ini Tim Gugus Tugas terus melakukan pencegahan dan penanganan pandemi covid-19, salah satunya dengan melakukan tes swab secara massal.

“Pencegahan yang kami lakukan saat ini fokus melakukan tes swab,  supaya diketahui yang positif atau tidaknya dan dapat memutus penyebaran covid-19. Karena hal ini lebih efektif dibandingkan rapid tes,” tambah Nandar.

Sementara, Juru bicara tim gugus tugas penanggulangan covid-19 Pandeglang, dr Achmad Sulaeman mengaku, belum mendapatkan informasi terkait rencana penyiapan rumah isolasi bagi warga terpapar covid-19 dengan kategori OTG.

“Saya belum dapat informasi kaitan hal itu. Namun kalau rencana agar di setiap kecamatan disediakan rumah isolasi itu sedang dikoordinasikan dengan DPMPD Pandeglang,” tandasnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.