Penjual Hewan Kurban di Kota Tangerang Raup Untung Hingga Rp50 Juta

  • Whatsapp
hewan kurban kota tangerang
Pedagang sapi kurban di Jalan Lapas Pemuda, Kota Tangerang, Banten.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM – Hari Raya Idul Adha identik dengan Hari Raya Kurban. Di Kota Tangerang, setiap tahunnya semakin banyak Ummat Islam yang ingin berkunban. Hal ini membuat permintaan hewan kurban, baik sapi, kerbau, kambing ataupun domba semakin banyak.

Tidak heran, banyak sekali lapak-lapak penjual hewan kurban di jalanan Kota Tangerang. Menurut data Dinas Ketahanan Pangan (DPK) Kota Tangerang, terdapat lebih dari 200 lapak penjual hewan kurban di seluruh Kota Tangerang setiap tahunnya.

Bacaan Lainnya

Hal ini menunjukan betapa menjanjikannya berbisnis jual beli hewan kurban, meski hanya berlangsung beberapa minggu dalam satu tahunnya.

Winarno (35), salah satu penjual hewan kurban di Jalan Lapas Pemuda, Buaran Indah, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, membenarkan bila bisnis musiman jual beli hewan kurban sangat menjanjikan.

Dia memiliki 36 ekor kambing dan 21 ekor sapi. Saat ini sudah terjual 5 ekor sapi dan 1 ekor kambing dalam waktu 4 hari. Harga sapi yang dijualnya mulai Rp21 juta sampai Rp35 juta per ekor. Sedangkan kambing dijual berkisar Rp2,5 juta sampai Rp7 juta per ekor.

BACA JUGA: Covid-19 di Kota Tangerang Belum Berakhir, Khatib Salat Idul Adha Diminta Mempersingkat Kutbah

“Setiap tahun habis 20 ekor sapi, kalau kambing 90 ekor,” ujar Winarno kepada Redaksi24.com, Minggu (26/7/20).

Ia mengungkapkan, total keuntungan yang biasa dia dapatkan setiap tahunnya sebesar Rp50 juta hanya dari penjualan sapi. Sedangkan keuntungan dari hasil penjualan kambing sebesar Rp45 juta.

“Itu (keuntungan) masih kotor. Satu ekor sapi untungnya Rp3 juta sampai Rp5 juta. Sapinya asli Indonesia, dari Pacitan, kambing juga dari Pacitan,” kata Winarno.

BACA JUGA: Para Pedagang Hewan Kurban di Kabupaten Tangerang Abaikan Protokol Kesehatan

Senada diungkapkan Wahyu (31). penyual hewan kurban yang juga membuka lapak di Jalan Lapas Pemuda, Buaran Indah, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. Dia mengaku  hewan kurban yang dijajakannya selalu habis setiap tahun. Wahyu mengaku sudah 10 tahun lebih menjadi penjual hewan kurban di Kota Tangerang.

Tahun ini Wahyu menjual sebanyak 30 ekor sapi. Dari jumlah itu, 5 ekor sudah dipesan pembeli. “Kalau untung tidak menentu mas, tapi yang pasti menjanjikan,” tandas Wahyu.(Haris/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.