Pengemudi di Jalan Raya Lebak-Sukabumi Diminta Waspada Longsor

oleh -
longsor jalan raya lebak-sukabumi banten jawa barat waspada pengemudi BPBD Lebak Polres Lebak
Petugas BPBD dan Polres Lebak menurunkan alat berat untuk membuka Jalan Raya Lebak-Sukabumi yang tertimbun longsor.

KABUPATEN LEBAK, REDAKSI24.COM – Setelah sempat tertimbun longsor, jalan raya penghubung Lebak Banten dengan Sukabumi, Jawa Barat, kembali normal dan bisa dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun begitu, pengemudi yang melintas diminta untuk tetap waspada kemugnkinan terjadinya longsor susulan.

Sebelumnya, jalan raya antarprovinsi tersebut terputus tertimbun tanah longsor setelah diguyur hujan deras beberapa hari lalu. Setelah dilakukan pembersihan material bebatuan longsoran, jalur Cipanas-Lebak Gedong, Kabupaten Lebak itu,  bisa dibuka kembali.

“Kami bersama anggota kepolisian dan warga membersihkan tumpukan material bebatuan dan tanah yang menutupi ruas jalan itu,” kata Kapolres Lebak AKBP Ade Mulyana di Lebak, Senin (31/5/2021).

Ruas jalan yang menghubungkan antarprovinsi melalui jalur Cipanas-Lebak Gedong-Warung Banten-Sukabumi tersebut selama ini cukup padat, bahkan banyak wisatawan yang melintasi jalan itu saat mengunjung wisata Awan di Gunung Luhur.

Saat ini, kata dia, kondisi ruas jalan yang melintasi kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) sudah kembali normal.

BACA JUGA: Tertimbun Tanah Longsor, Jalan Raya Lebak-Sukabumi Terputus

Meski arus lalu lintas kembali normal, tetapi pengemudi diminta tetap waspada jika melintasi jalan tersebut. Sebab, ujar dia, saat ini curah hujan masih berpeluang dan berpotensi menimbulkan longsoran.

“Kami berharap pengemudi tetap berhati-hati melintasi jalan di sekitar kawasan TNGHS itu,” katanya.

Menurut dia, pihaknya menerjunkan puluhan anggota kepolisian untuk melakukan kebersihan ruas jalan yang ditutupi material bebatuan agar bisa dilintasi kendaraan. Perbaikan kebersihan itu melibatkan alat berat sehingga pekerjaannya hanya beberapa jam bisa kembali normal.

Namun demikian, kata dia,pekerjaan selanjutnya perbaikan jalan tersebut akan dilakukan Pemerintah Provinsi Banten.

“Kami berharap jalan yang menjadikan kewenangan provinsi itu secepatnya dibangun permanen lagi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Pebby Rizky Pratama mengakui,  ruas jalan Provinsi Banten menuju Sukabumi melalui jalur Cipanas-Warung Banten seringkali longsor jika curah hujan tinggi.

Beruntung, kata dia, musibah ini tidak menimbulkan korban jiwa karena saat terjadi longosr kondisi jalan masih sepi dari kendaraan yang melintas. Saat ini, kondisi jalan sepanjang 50 meter sudah kembali normal setelah diterjunkan kepolisian untuk mengevakuasi material bebatuan yang menutupi ruas jalan.

“Kami minta warga maupun pengemudi tetap waspada menghadapi cuaca buruk agar tidak menimbulkan korban jiwa,” katanya.(ANT/DIFA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.