Pengelola Pasar Gudang Minta Instansi Terkait Turut Awasi Protokol Kesehatan di Tempat Keramaian

oleh -
Pasar gudang
Suasana Pasar Gudang Tigaraksa.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Pengelola Pasar Gudang Tigaraksa, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, mengaku sudah berupaya maksimal memberikan imbauan kepada para pedagang dan pembeli untuk selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19, salah satunya tentang penggunaan masker.

Hal itu diungkapkan oleh pengelola Pasar Gudang Tigaraksa, Budiman, saat menanggapi pertanyaan wartawan ihwal teguran Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi terkait banyaknya pedagang tak bermasker saat dilakukan pengecekan beberapa waktu lalu. 

“Jadi gini, inikan masalah kesadaran pribadi kalau program yang kita lakukan itu sudah kita lakukan. Yang pertama itu kita sudah memasang 12 tempat air, kemudian kita juga sudah membentuk petugas Covid-19. Secara continue dan setiap hari kita melakukan pengecekan masker tapi memang yang namanya pedagang itukan tidak 24 jam kita pantau,” tutur Budiman kepada Redaksi24.com, Sabtu (5/9/2020). 

Menurutnya, kesadaran setiap orang berbeda-beda terlebih petugas yang disiapkan oleh pengelola pasar untuk mengawasi penggunaan masker, tak sebanding dengan jumlah yang diawasi. Oleh karenanya kemungkinan para pedagang maupun pembeli acuh dalam menggunakan masker pasti bisa terjadi. 

BACA JUGA: Pengelola Pasar Gudang Tigaraksa Dinilai Tidak Beres, Masih Banyak Pedagang Tak Bermasker

“Yang namanya new normal itukan pola pikir baru, konsep baru, tergantung pribadi  masing-masing. Kalau upaya setiap pagi speaker kita nyalain untuk himbauan protokol kesehatan, setiap hari petugas kita lakukan pengecekan di pintu masuk sebelum masuk yang tidak pakai masker suruh balik,” ulasnya 

Ia menambahkan, perihal penggunaan masker tersebut tak cukup hanya dengan edukasi dan himbauan. Menurutnya harus ada sanksi agar masyarakat sadar dan mau secara terus-menerus menerapkan protap Covid-19, khususnya di tempat-tempat keramaian salah satunya pasar. 

“Kembali lagi, harusnya ada aturan ya ada sanksi dan itu tidak bisa dilakukan sendiri harus bersama pihak-pihak terkait,” tukasnya.

BACA JUGA: Waspada Covid-19, Muspika Kecamatan Tigaraksa Imbau Warga Tidak Bawa Anak Kecil ke Pasar

Sementara, Dirut PD Pasar Kabupaten Tangerang, Syaifunnur Maszah kepada Redaksi24.com mengatakan, Sesuai kebijakan Perumda Pasar jelas bahwa pengunjung wajib memakai masker dan mematuhi protokol Covid-19, baik pasar yang dikelola langsung maupun oleh pihak mitra seperti Pasar Gudang Tigaraksa. 

Pihaknya juga mengaku sangat mendukung kebijakan pemerintah dalam penerapan protokol Covid-19 salah satunya di pasar-pasar yang menjadi perusahaan umum daerah (Perumda). “Kita bersama segenap masyarakat, termasuk pengunjung masyarakat berkewajiban bersama menerapkan protokol Covid-19 agar penyebarannya bisa dikendalikan,” tandasnya (Ricky/Aan)