Pengamat Dorong Akademisi Maju pada Pilkada Kabupaten Serang 2020

  • Whatsapp
Pengamat Pilkada Leo
Pengamat politik dari Universitas Sultan Agung Tirtayasa (Untirta) Leo Agustino.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Meski Genderang kompetisi Pilkada Kabupaten Serang belum ditabuh, namun sejumlah nama sudah mulai bermunculan untuk mengikuti kontestasi hajat lima tahunan itu. Dari mulai incumbent yang sudah dipastikan kembali maju, politisi, anak muda sampai jalur perseorangan.

Pengamat politik dari Universitas Sultan Agung Tirtayasa (Untirta) Leo Agustino menyambut baik munculnya banyak nama yang akan berkontestasi di Pilkada 2020 nanti. Leo berharap dengan banyaknya nama-nama yang akan maju ini bisa sampai tahap pendaftaran nanti di KPU.

Bacaan Lainnya

“Artinya nama-nama yang sekarang muncul memang serius akan maju dalam Pilkada nanti, bukan sekadar cari panggung semata,” kata Leo beberapa hari yang lalu.

BACA JUGA:

. PKS Tunjuk Najib Hamas sebagai Balon Bupati Serang 2020-2025

. Koalisi Parpol Pendukung Prabowo-Sandi Tantang Tatu di Pilbup Serang

. PAN Siapkan Pendaftaran, Lili Romli Jajaki Semua Parpol

Jika diikuti banyak calon, artinya proses regenerasi di internal Parpol sudah berhasil. Efek positifnya juga akan dirasakan langsung oleh masyarakat Kabupaten Serang yang punya banyak pilihan calon pemimpin yang diinginkan.

“Jangan sampai fenomena borong partai seperti Pilkada kemarin kembali terjadi,” harapnya.

Leo juga berharap ada sosok dari akademisi yang mengikuti kontestasi Pilkada 2020 nanti, supaya tidak melulu diikuti oleh para politisi. Akademisi mempunya kelebihan tersendiri. Secara teori tata kelola pemerintahan, seorang akademisi sudah sangat matang, karena kesehariannya selalu bersinggungan dengan berbagai macam teori.

“Di beberapa daerah yang maju seperti Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan dipimpin oleh seorang akademisi Nurdin Abdillah. Bantaeng awalnya merupakan daerah terbelakang, namun berkat sentuhan seorang akademisi kini ia menjadi daerah yang maju. Nurdin sendiri kini dipercaya untuk menjabat Gubernur Sulawesi Selatan,” katanya.

Namun hingga saat ini, belum ada sosok akademisi yang berkeinginan untuk maju di Pilkada Kabupaten Serang, “Mungkin masih banyak pertimbangan, atau belum ada yang ngajak,” katanya. (Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.