Pengabdian Kepada Masyarakat, Dinkop Tangsel Dorong Pendampingan Kebangkitan UMKM

oleh -

REDAKSI24.COM- Pandemi Covid-19 yang melanda global, memberikan tekanan terhadap berbagai bidang kehidupan. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu bidang yang mendapatkan kontraksi akibat meluasnya sebaran Covid-19.

Pada dasarnya, UMKM mempunyai peran penting dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, menekan angka kemiskinan sampai dengan tingkat kriminalitas. Selain itu, juga berperan dalam mendistribusikan hasil-hasil pembangunan.

Pengembangan UMKM di tengah arus globalisasi dan tingginya persaingan membuat UMKM harus mampu mengadaptasi tantangan global, seperti meningkatkan inovasi produk dan jasa, pengembangan sumber daya manusia dan teknologi, serta perluasan area pemasaran.

Hal itu terlihat saat Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Tangerang Selatan, Universitas Pamulang dan Dinas Koperasi dan UKM menggelar pendampingan dan pelatihan UMKM produk lokal Kota Tangsel dengan tema pengabdian kepada masyarakat “Pendampingan Kebangkitan” UMKM yang digelar di Rumah Betawi H. Sukri, Sawah Baru, Ciputat ini turut dihadiri oleh Walikota Tangerang Selatan Drs. H. Benyamin Davnie yang didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan, Drs.Warman Syanudin,MM, serta Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama UNPAM, Dr.RR Dewi Anggraini, SH,MH,

Dalam sambutannya Drs. H. Benyamin Davnie mengatakan bahwa, dirinya sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan seperti ini. Dikarenakan ini merupakan salah satu cara menghasilkan keterampilan bagi masyarakat setempat untuk memproduksi produk-produk yang laku di masyarakat.

“Kami Pemkot Tangsel mengapresiasi kegiatan seperti ini. Dengan adanya keterampilan ini masyarakat setempat bisa memproduksi produk-produk yang bisa laku di masyarakat,” kata Walikota Benyamin Davnie.

Tidak hanya itu saja, Benyamin menyambut dengan baik kegiatan pengabdian ini yang dilakukan secara berkala oleh Universitas Pamulang. Karena, kata Benyamin, kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu cara agar masyarakat dapat menjaga kultur yang selama ini hampir hilang.

“Pengabdian masyarakat hari ini penting sekali diadakan, untuk kembali menghidupkan kultur budaya yang dikombinasikan dengan kemampuan akademis dari mahasiswa,” ujar Benyamin.

Benyamin menitipkan pesan kepada para mahasiswa yang akan melakukan pengabdian masyarakat, agar dapat memberikan sosialisasi-sosialisasi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Seperti yang dilakukan ini, jadi ekonomi dan budayanya dapat. Ekonomi bagaimana cara melakukan pemasarannya melalui teknologi yang ada dan budayanya dapat karena lokasi dan produknya,” ucap Benyamin

Sementara itu, Wakil Walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan mengatakan, kegiatan ini bisa menjadi ajang pembuktian meningkatnya semangat pelaku industri dan UMKM agar terus tumbuh dan kembali produktif di masa mendatang.

“Dengan adanya kegiatan yang bertema Pendamping Kebangkitan UMKM ini bisa jadi pemacu pelaku ekonomi untuk terus tumbuh dan kembali produktif di masa mendatang. Agenda yang diselenggarakan pun disinergikan antara dunia kampus, dengan dunia usaha dan dunia industri,” katanya.

Terpisah, Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan Drs.Warman Syanudin,MM menyatakan, Pihaknya hanya memberikan pendampingan pelaku UMKM untuk berinovasi, berkreasi, dan memproduksi barang-barang yang dibutuhkan masyarakat.

“Dinkop hanya memberikan pendamping bagi UMKM untuk berinovasi, berkreasi, dan memproduksi barang-barang yang dibutuhkan masyarakat,” ungkapnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan