Penerbangan Dibatalkan, Ratusan Penumpang Sriwijaya Air Terlantar di Bandara Soekarno-Hatta

oleh -
Penerbangan Sriwijaya Air Dibatalkan
Ilustrasi Pesawat Terbang Sriwijaya Air

TANGERANG,REDAKSI24.COM—Sejumlah penerbangan maskapai Sriwijaya Air batal terbang, akibatnya ratusan calon penumpang yang tengah mengalami kisruh dengan induknya Garuda Indonesia tersebut, terbengkalai di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sejak Kamis, (7/11/2019) pagi.

Dari pantauan Redaksi 24.com terlihat ratusan dengan berbagai tujuan kebingungan karena gagal terbang. Mereka sejak pagi berkerumun di meja pelayanan Sriwijaya untuk mempertanyakan kepastian keberangkatannya serta batalnya penerbangan.

Yeti salah satu calon penumpang mengaku sudah dari pukul 06.15 WIB berada di Bandara Soekarno-Hatta. Yeti mengaku  mendapat jadwal penerbangan pukul 07.00 WIB tujuan Padang.

“Saya hendak pulang ke Padang, namun hinga kini pesawat belum berangkat. Ntah alasan apa” kesal Yeti.

Menurut Yeti dari keterangan petugas, menjelaskan jika saat ini keberangkatan terpaksa di delay, karena ada gangguan penerbangan. Namun menurut Yeti petugas menjamin pesawat akan tetap terbang namun akan transit dahulu dibeberapa tempat.

“Namun hingga kini kami belum juga berangkat, ntah sampai kapan”Keluhnya.

Hal yang sama juga dikatakan calon penumpang lainnya Krisna. Menurut Krisna dirinya sudah ada di Bandara Soetta sejak pukul 6 pagi karena di jadwalkan akan berangkat pukul 09.15 ke Padang.

“Saya jalan setengah 5 dari Pasar Minggu, sampai sekarang,” keluhnya.

Pensiunan dosen ini mengaku tak mendapat jawaban pasti dari petugas perihal dibatalkannya penerbangannya tersebut. Oleh petugas, dirinya hanya diminta yntuk tetap menunggu karena ada pesawat dari rute lain yang akan dialihkan ke Lampung.

“Tidak pernah ada jawaban yang pasti. Kami tanya pasti enggak? Jawabnya mudah-mudahan. Ada pesawat dari Yitu ogya-lah, Lubuk Linggau (diteruskan ke Lampung) tapi belum,” kata Krisna.

Selama menunggu lanjut Krisna dirinya hanya diberi makanan dan air mineral. Setelah lima jam lebih, dia pun mendapatkan kompensasi sebeaar Rp 300.000 yang baru bisa diambil seminggu setelahnya.

Sementara itu, Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soetta Angkasa Pura II, Febri Toga Simatupang mengatakan, sejauh ini ada 15 penerbangan yang dioperasikan maskapai Sriwijaya Air dibatalkan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Berdasarkan data yang kami peroleh sejak awal ada 11 penerbangan yang batal. Tadi jam 16.00 WIB tambah 4 lagi (yang batal),” ujar Febri

Saat ini, lanjut Febri, masih ada tiga penerbangan yang masih delay. Ketiga penerbangan itu yakni ke Pangkal Pinang, Pontianak dan Yogyakarta. Baca juga: Garuda Minta Sriwijaya Segera Bayar Utang ke Perusahaan BUMN Adapun empat penerbangan yang telah dipastikan batal yakni, Tanjung Pandan, Bengkulu, Lampung, dan Malang.

“Untuk yang tiga delay rencananya penumpang akan diterbangkan menggunakan pesawat NAM Air. Petugas Sriwijaya Air juga sudah memberi kompensasi bagi para penumpangnya,” kata Febri. (Aan/Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.